Senin 07 Feb 2022 13:50 WIB

China Karantina Kota di Perbatasan Vietnam Saat Covid-19 Meningkat

Baise, di wilayah Guangxi, melaporkan 37 infeksi lokal.

Red: Friska Yolandha
 Pekerja medis bersiap untuk melakukan tes virus corona di tempat pengujian massal di Beijing, Senin, 24 Januari 2022. Pihak berwenang di kota Baise, barat daya China, memerintahkan penduduk untuk tinggal di rumah mulai Senin (7/2/2022).
Foto: AP/Andy Wong
Pekerja medis bersiap untuk melakukan tes virus corona di tempat pengujian massal di Beijing, Senin, 24 Januari 2022. Pihak berwenang di kota Baise, barat daya China, memerintahkan penduduk untuk tinggal di rumah mulai Senin (7/2/2022).

REPUBLIKA.CO.ID, BEIJING -- Pihak berwenang di kota Baise, barat daya China, memerintahkan penduduk untuk tinggal di rumah mulai Senin (7/2/2022) dan menghindari perjalanan yang tidak perlu saat otoritas memberlakukan pembatasan. Tindakan itu termasuk di antara yang terberat di kota Baise untuk memerangi meningkatnya infeksi lokal COVID- 19.

Wabah di Baise, yang memiliki populasi sekitar 3,6 juta dan berbatasan dengan Vietnam, kecil menurut standar global. Akan tetapi pembatasan tersebut, termasuk larangan perjalanan masuk dan keluar yang tidak penting, mengikuti pedoman nasional untuk segera mengatasi gejolak apapun.

Baca Juga

Upaya itu mendapat urgensi ekstra selama perhelatan Olimpiade Musim Dingin, yang dimulai pada Jumat dan berlangsung hingga 20 Februari, serta musim perjalanan yang sibuk untuk liburan Tahun Baru Imlek. Lusinan atlet untuk Olimpiade, yang diselenggarakan oleh ibu kota Beijing dan provinsi utara Hebei, telah dites positif dan dipindahkan ke tempat isolasi, tetapi perhelatan itu belum terpengaruh secara serius dengan tidak adanya penyebaran klaster dalam lokasi tertutup yang mengisolasi mereka dari publik.

Baise, di wilayah Guangxi, melaporkan 37 infeksi menular domestik dengan gejala yang dikonfirmasi pada Ahad (6/2/2022), naik dari enam hari sebelumnya, data dari Komisi Kesehatan Nasional menunjukkan.

Warga harus tinggal di dalam rumah kecuali untuk perjalanan untuk membeli kebutuhan pokok atau tes COVID-19, dan harus memilih metode pengiriman daripada pembelian di dalam toko bila memungkinkan, kata televisi pemerintah, mengutip pernyataan dari pemerintah kota.

Pemerintah kota juga telah menangguhkan bisnis yang tidak penting, transportasi umum dan pembelajaran sekolah dan menunda pembukaan pelabuhan masuk di sepanjang perbatasan internasional. Pekerja penting akan membutuhkan izin khusus untuk beraktivitas di dalam Baise.

Termasuk Baise, China melaporkan 45 kasus yang ditularkan secara lokal dengan gejala pada 6 Februari, naik dari 13 kasus sehari sebelumnya, menurut data NHC. Provinsi selatan Guangdong dan kotamadya Beijing dan Tianjin juga melaporkan kasus gejala lokal sporadis pada Ahad.

Tidak ada kematian baru, sehingga jumlah kematian mencapai 4.636.

Pada 6 Februari, China daratan mengalami 106.419 kasus dengan gejala yang dikonfirmasi sejak wabah pertama kali muncul pada akhir 2019, termasuk infeksi lokal dan dari luar negeri.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement