Senin 07 Feb 2022 18:35 WIB

Kasus Positif Covid-19 di Kota Bandung 80 Persen Varian Omicron

Kota Bandung kini masuk PPKM level 3.

Rep: Muhammad Fauzi Ridwan/ Red: Nur Aini
...
Foto: Antara/Novrian Arbi
Warga melintasi mural tentang pencegahan penyebaran COVID-19 di Bandung, Jawa Barat, Senin (7/2/2022). Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan meminta lansia 60 tahun ke atas yang belum divaksinasi dan memiliki komorbid untuk tidak keluar rumah dalam dua pekan hingga sebulan ke depan untuk mencegah penularan COVID-19 varian Omicron.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Penyebaran kasus positif Covid-19 di Kota Bandung sebanyak 80 persen merupakan varian Omicron berdasarkan whole genome sequensing (WGS). Oleh karena itu, masyarakat diminta untuk tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan dengan ketat.

"Tes whole genome 80 persen dari tes yang positif ternyata varian Omicron jadi bisa ambil kesimpulan penyebaran Covid-19 di Bandung variannya sudah Omicron," ujar Pelaksana tugas (Plt) Wali Kota Bandung Yana Mulyana di Balai Kota Bandung, Senin (7/2/2022).

Baca Juga

Ia menuturkan saat ini level penerapan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) di Kota Bandung kembali ke level 3. Sejumlah pengetatan akan dilakukan terkait jam operasional dan kapasitas.

Selain itu, petugas akan membubarkan kerumunan dan memastikan penggunaan masker. Pihaknya akan berkeliling untuk memantau pusat keramaian dan diminta aparat kewilayahan untuk memastikan protokol kesehatan.

"Pesan presiden vaksin dan prokes penggunaan masker," katanya. Terkait dengan sanksi yang diberikan kepada pelaku pelanggar protokol kesehatan akan dikenakan sanksi oleh satuan polisi pamong praja (Satpol PP).

Yana menambahkan pihaknya akan melakukan tes acak tidak hanya ke sekolah. Namun ke sektor usaha di antaranya hotel, restoran dan kafe.

"Mudah-mudahan akan melakukan tes acak tidak hanya ke sekolah tapi ke hotel, restoran, kafe dan beberapa tempat yang diberikan relaksasi ekonomi supaya mengetahui penyebaran," katanya.

Pihaknya juga sudah memberlakukan work from home untuk pegawai Pemkot Bandung sebanyak 50 persen. Penanganan terhadap wilayah dengan kasus rendah dan tinggi akan berbeda.

Baca: Akses Masuk Dibatasi, WNA Harus Penuhi Syarat untuk Datang ke Indonesia

Baca: Anies Akui Sempat akan Hentikan PTM Selama 1 Bulan

Baca: Pemkab Tangerang Kembali Terapkan Pembelajaran Jarak Jauh di Semua Sekolah

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement