Selasa 08 Feb 2022 01:00 WIB

Makanan dan Minuman Ini Bantu Ringankan Efek Samping Vaksin Covid-19

Mengonsumsi makanan dan minuman yang tepat bantu ringankan efek samping vaksinasi.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Reiny Dwinanda
Menyantap makanan sehat dapat membantu menghasilkan respons imun kuat setelah vaksinasi Covid-19.
Foto: www.freepik.com
Menyantap makanan sehat dapat membantu menghasilkan respons imun kuat setelah vaksinasi Covid-19.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Vaksinasi Covid-19 bisa memicu beberapa efek samping yang mungkin terasa tidak nyaman. Mengonsumsi makanan dan minuman yang tepat, baik sebelum maupun pascavaksinasi, bisa membantu meringankan efek samping tersebut.

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) Amerika Serikat mengungkapkan, ada beberapa efek samping vaksin Covid-19 yang bisa terjadi. Efek samping tersebut meliputi demam, sakit kepala, kelelahan, mual, demam, dan nyeri otot.

Baca Juga

Kemunculan efek samping setelah vaksinasi Covid-19 sebenarnya merupakan tanda yang baik. Sebab, efek samping tersebut menunjukkan bahwa tubuh sedang membangun imunitas.

Terlepas dari itu, efek samping terkait vaksin Covid-19 umumnya akan membaik setelah beberapa hari. Mengingat efek samping bisa terasa tidak nyaman, ada beberapa hal yang dapat membantu.

Sebagian di antaranya adalah menjaga hidrasi tubuh, istirahat yang cukup, dan mengonsumsi makanan serta minuman yang tepat. Berikut ini adalah makanan dan minuman tersebut, seperti dilansir Huffington Post, Senin (7/2/2022).

Teh jahe untuk atasi mual

Rempah jahe digunakan dalam pengobatan tradisional sejak lama, salah satunya untuk keluhan pencernaan. Konsumsi teh jahe hangat bisa membantu keluhan mual yang mungkin muncul setelah vaksinasi.

Air putih untuk hidrasi

Menjaga hidrasi tubuh dapat membantu meringankan keluhan demam terkait vaksinasi. Hidrasi ini bisa dijaga dengan mengonsumsi cairan yang cukup, seperti air putih atau teh.

Diet sehat untuk respons imun kuat

Pengaturan pola makan yang sehat seperti diet Mediterania dikenal memiliki efek antiinflamasi. Akan tetapi, efek ini membutuhkan waktu sebelum bisa dirasakan. Oleh karena itu, diet sehat sebaiknya dilakukan mulai beberapa pekan sebelum jadwal vaksinasi.

Diet atau pengaturan pola makan yang dianjurkan adalah yang kaya akan sayur, buah, biji padi-padian utuh, lemak tak jenuh tunggal, omega 3, ikan, unggas, polong, dan telur. Asupan produk susu dan daging merah sebaiknya dibatasi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement