Selasa 08 Feb 2022 11:48 WIB

Korea Selatan Hentikan Pelacakan GPS untuk Karantina

Korea Selatan tidak akan lagi menggunakan pemantauan GPS untuk menegakkan karantina

Rep: Dwina Agustin/ Red: Esthi Maharani
Kota Seoul.
Foto: EPA-EFE/JEON HEON-KYUN
Kota Seoul.

REPUBLIKA.CO.ID, SEOUL -- Korea Selatan tidak akan lagi menggunakan pemantauan GPS untuk menegakkan karantina dan akan mengakhiri panggilan pemeriksaan harian kepada pasien virus corona berisiko rendah. Keputusan ini karena lonjakan Omicron yang berkembang pesat membanjiri pekerja kesehatan dan pemerintah.

Pakar penyakit menular Korea Selatan Jeong Eun-kyeong menyatakan Senin (7/2/2022), kecepatan penularan telah membuat tidak mungkin untuk mempertahankan tanggapan medis yang ketat dan proaktif. Jeong mengatakan negara itu mungkin melihat lonjakan harian 130.000 atau 170.000 pada akhir Februari. Badan Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Korea (KDCA) melaporkan 38.691 kasus baru virus, peningkatan sembilan kali lipat dari tingkat yang terlihat pada pertengahan Januari.

Baca Juga

Para pejabat mengatakan pekerja publik yang telah memantau pembawa virus melalui aplikasi smartphone berkemampuan GPS sekarang akan ditugaskan untuk membantu perawatan di rumah. Pembawa virus tidak lagi diharuskan melapor ke dinas kesehatan setempat ketika meninggalkan rumah untuk mengunjungi dokter. Sementara anggota keluarga yang tinggal bersama sekarang dapat dengan bebas keluar untuk membeli makanan, obat-obatan, dan kebutuhan pokok lainnya.

Pembawa virus berisiko rendah, yang berusia 50-an atau lebih muda dan tidak memiliki kondisi medis yang sudah ada sebelumnya, sekarang akan dibiarkan memantau kondisinya sendiri dan menghubungi rumah sakit setempat jika gejalanya memburuk. Petugas kesehatan masih akan melakukan panggilan pemeriksaan harian kepada orang-orang berusia 60-an dan lebih tua atau mereka yang memiliki kondisi medis yang sudah ada sebelumnya.

"Kami berencana untuk beralih ke strategi anti-virus yang berkonsentrasi pada pemeliharaan fungsi sosial yang penting sambil menangani sejumlah besar infeksi dan orang-orang yang ditempatkan di bawah karantina," kata komisaris KDCA itu.

Korea Selatan telah dilihat sebagai kisah sukses selama bagian awal pandemi setelah mengatasi infeksi dan rawat inap lebih efektif daripada kebanyakan negara di Barat. Otoritas kesehatan bekerja erat dengan perusahaan biotek untuk meningkatkan tes laboratorium dan secara agresif memobilisasi alat teknologi dan pekerja publik untuk melacak kontak dan menegakkan karantina.

Tapi kekuatan negara ini telah dianggap tidak relevan oleh lonjakan infeksi yang belum pernah terjadi sebelumnya yang dipicu oleh varian omikron. Varian tersebut telah memperluas sumber daya kesehatan dan administrasi.

Pejabat telah dipaksa untuk memperluas perawatan di rumah, mengurangi periode karantina, dan membentuk kembali kebijakan pengujian seputar alat tes antigen cepat. Keputusan baru ditetapkan meskipun ada kekhawatiran atas keandalannya, untuk menyelamatkan tes laboratorium bagi orang-orang berusia 60-an atau lebih tua, kelompok yang memiliki kondisi medis yang berada pada risiko yang lebih tinggi untuk penyakit serius.

Rencana untuk lebih memudahkan pemantauan dan karantina datang ketika pekerja kesehatan dan publik berjuang untuk mengikuti hampir 150.000 orang yang dirawat di rumah karena gejala ringan atau sedang. Kondiis ini telah menyebabkan keterlambatan dalam resep obat dan telah melumpuhkan pelacakan kontak.

Sebanyak 86 persen dari populasi lebih dari 51 juta orang telah divaksinasi lengkap. Hampir 55 persen warga telah menerima suntikan booster.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement