Monday, 7 Rabiul Awwal 1444 / 03 October 2022

Monday, 7 Rabiul Awwal 1444 / 03 October 2022

 

7 Rabiul Awwal 1444
  • JELANG HUT BHAYANGKARA KE-76,< POLRI MENGADAKAN LOMBA MENEMBAK PATI TNI-POLRI BERSAMA INSAN PERS 10-11 JUNI 2022 DI BRIMOB KELAPA DUA

Rekomendasi Makanan-Minuman Buat yang Sudah Divaksinasi Lalu Positif Covid-19

Selasa 08 Feb 2022 18:10 WIB

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Reiny Dwinanda

Sejumlah makanan dan minuman tertentu direkomendasikan ahli gizi untuk pemulihan Covid-19, termasuk pada orang yang mengalami kasus terobosan, yakni kena Covid-19 meski sudah divaksinasi.

Sejumlah makanan dan minuman tertentu direkomendasikan ahli gizi untuk pemulihan Covid-19, termasuk pada orang yang mengalami kasus terobosan, yakni kena Covid-19 meski sudah divaksinasi.

Foto: www.freepik.com
Untuk mendukung pemulihan dari Covid-19, coba asup tujuh makanan-minuman ini.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Manfaat utama vaksinasi Covid-19 adalah untuk menekan risiko sakit berat, menghindari risiko sampai dirawat di rumah sakit, hingga menurunkan risiko kematian terkait Covid-19. Oleh karena itu, orang yang sudah divaksinasi tidak serta-merta kebal terhadap Covid-19.

 

Kasus Covid-19 pada orang-orang yang sudah divaksinasi ini dikenal sebagai infeksi terobosan (breakthrough infection). Individu yang mengalaminya cenderung merasakan gejala Covid-19 yang lebih ringan.

Baca Juga

Meski begitu, gejala-gejala ini tetap bisa memunculkan rasa tak nyaman. Menurut ahli gizi, ada tujuh makanan dan minuman bisa membuat gejala infeksi breakthrough terasa lebih ringan, seperti dilansir Huffington Post, Selasa (8/2/2022).

Sup sayur

Ahli diet Morgyn Clair merekomendasikan sup sayur hangat dengan sumber protein sehat sebagai pendamping, seperti ayam atau tahu. Kombinasi ini dapat memberikan asupan vitamin dan mineral ekstra yang penting dalam proses pemulihan diri.

Sensasi hangat dari sup sayur juga dapat membantu meredakan gejala Covid-19, seperti nyeri tenggorokan atau hidung tersumbat. Sedangkan protein yang menjadi pendamping bisa membantu mendukung fungsi imun.

Kaldu tulang

Sebagian orang kehilangan nafsu makan ketika mengalami Covid-19. Sup kaldu tulang bisa menjadi salah satu opsi asupan yang mudah dikonsumsi dan memiliki nilai gizi.

photo
Sudah divaksinasi, orang masih bisa kena Covid-19. - (Republika)

Ahli gizi Paula Doebrich mengungkapkan bahwa kaldu tulang mengandung protein, kalsium, magnesium, fosfor, zinc, zat besi, dan mineral lain yang lebih tinggi. Banyak dari nutrisi ini yang dibutuhkan sistem imun untuk berfungsi dengan optimal.

Dr Frank Lipman menyebut, kaldu tulang juga bermanfaat dalam menjaga hidrasi tubuh di masa pemulihan. Asupan ini tak hanya cocok bagi orang dewasa, tetapi juga anak.

Buah beri

Di masa pemulihan Covid-19, asupan makanan yang kaya vitamin amat dibutuhkan. Salah satu sumber makanan kaya vitamin adalah buah beri.

Ahli gizi Linda Altenburger mengatakan, buah beri kaya akan antioksidan seperti quercetin dan vitamin C. Antioksidan ini dibutuhkan untuk menekan inflamasi dan memberikan perlawanan terhadap infeksi lewat peningkatan imun tubuh.

Oatmeal

Asupan serat yang cukup juga diperlukan selama masa pemulihan Covid-19. Oatmeal merupakan salah satu makanan kaya serat yang bisa memelihara bakteri baik di dalam usus, yang berperan penting dalam sistem imun.

Selain itu, oatmeal merupakan salah satu makanan yang bisa dikreasikan dengan mudah, seperti disajikan bersamaan dengan yoghurt dan buah beri.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

f

 

 

BERITA LAINNYA

 

 

hide ads show ads
desktop mobile