Kamis 10 Feb 2022 17:13 WIB

Kapolri Dorong Semua Wilayah Bisa Capai 100 Persen Vaksinasi

Kapolri mengapresiasi Provinsi Kalsel yang capaian vaksinasinya sudah cukup bagus.

Red: Hiru Muhammad
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo meninjau kegiatan akselerasi vaksinasi serentak di tujuh Kabupaten/Kota di Provinsi Bangka Belitung (Babel), Rabu (9/2/2022).
Foto: istimewa
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo meninjau kegiatan akselerasi vaksinasi serentak di tujuh Kabupaten/Kota di Provinsi Bangka Belitung (Babel), Rabu (9/2/2022).

REPUBLIKA.CO.ID, BANJARMASIN--Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri) Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo mendorong semua wilayah bisa mencapai 100 persen vaksinasi agar kekebalan komunitas dapat terbentuk sempurna."Ayo yang belum capai target genjot lagi. Sedangkan yang sudah di atas 70 persen berupaya menuju 100 persen minimal dosis pertama," kata Kapolri di Banjarmasin, Kalimantan Selatan, Kamis (10/2/2022).

Dia pun mengapresiasi provinsi Kalsel yang capaian vaksinasinya sudah cukup bagus. Seperti pada kelompok umur 12 tahun ke atas atau masyarakat umum sekitar 80 persen untuk dosis pertama. Kemudian lansia sudah di kisaran 64 persen pada suntikan pertama.

Baca Juga

Sementara untuk anak usia 6 sampai 11 tahun menurutnya masih perlu dimaksimalkan lagi mengingat capaiannya masih di kisaran 42 persen untuk dosis pertama dari sasaran 440.853 anak."Secara nasional vaksin dosis pertama sudah 89 persen, saya harapkan Kalsel dan wilayah lainnya juga membantu mendongkrak capaian ini dengan harapan 100 persen dari target bisa terealisasi secepatnya," kata Kapolri.

Di samping pemberian vaksin dosis pertama dan kedua, suntikan dosis ketiga atau booster menurut Listyo Sigit juga penting saat ini di tengah lonjakan kasus Covid-19 akibat varian Omicron. Untuk itulah, dia mengimbau masyarakat yang sudah lewat 6 bulan menerima vaksin dosis kedua segera mendapatkan vaksin booster."Saya instruksikan Polda dan Polres jajaran agar melayani masyarakat untuk pemberian booster. Di samping kelompok rentan seperti lansia agar diutamakan," timpalnya.

Kapolri meninjau pelaksanaan vaksinasi terhadap 3.000 anak dan lansia di Gedung Sultan Suriansyah Banjarmasin pada Kamis. Kapolda Kalsel Irjen Pol Rikwanto didampingi Wakapolda Kalsel Brigjen Pol Mohamad Agung Budijono melaporkan kepada Kapolri jika target 13 Polres jajaran dapat mencapai 21 ribu orang divaksin serentak hari ini.

Sementara Kapolresta Banjarmasin Kombes Pol Sabana A Martosumito melaporkan para peserta vaksin berkesempatan mendapatkan hadiah yang diundi langsung saat kegiatan berlangsung, diantaranya dua unit sepeda motor, beberapa sepeda hingga kalung emas seberat 5 gram khusus untuk lansia dan bermacam hadiah menarik lainnya termasuk bingkisan bagi semua anak.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement