Kamis 10 Feb 2022 22:47 WIB

Dramatis, Gol Injury Time Buat Persebaya Gagal Amankan Tiga Poin dari Persela

Persebaya Surabaya ditahan imbang Persela Lamongan 2-2 pada derbi Jatim.

Rep: Hartifiany Praisra/ Red: Israr Itah
Pesepak bola Persebaya Surabaya Arsenio Valpoort (kiri) bersama rekan setimnya melakukan selebrasi usai mencetak gol ke gawang Persela Lamongan pada pertandingan Liga 1 di Stadion I Gusti Ngurah Rai, Denpasar, Bali, Kamis (10/2/2022) malam.
Foto: Antara/Nyoman Hendra Wibowo
Pesepak bola Persebaya Surabaya Arsenio Valpoort (kiri) bersama rekan setimnya melakukan selebrasi usai mencetak gol ke gawang Persela Lamongan pada pertandingan Liga 1 di Stadion I Gusti Ngurah Rai, Denpasar, Bali, Kamis (10/2/2022) malam.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Persebaya Surabaya kembali kehilangan poin penting dalam persaingan di papan atas Liga 1 2021/2022. Bajul Ijo ditahan imbang Persela Lamongan 2-2 pada laga di Stadion I Gusti Ngurah Rai, Denpasar, Kamis (10/2/2022). Apesnya, gol penyeimbang Persela tercipta pada menit akhir pertandingan.

Akibatnya, Persebaya gagal naik ke posisi tiga klasemen. Bajul Ijo hanya mengoleksi nilai 44 dari 24 laga, terpaut lima poin dari Arema FC di puncak.

Baca Juga

Sementara Persela masih berada di posisi dua terbawah dengan nilai 19 dari 24 laga. Namun poin Persela semakin rapat dari tim-tim di zona aman.

Jalannya laga

Pelatih Persebaya Aji Santoso masih absen dalam laga tersebut akibat Covid-19 sehingga skuad Bajul Ijo didampingi asisten pelatih Mustaqim. Persebaya bisa menurunkan skuad terbaiknya untuk menghadapi Persela setelah sejumlah pemain pulih dari Covid-19.

Sebaiknya, Persela tidak diperkuat oleh Jose Wilkson karena statusnya sebagai pemain pinjaman dari Persebaya. Dalam laga ini pun Persela belum bisa dipimpin oleh pelatih Jafri Sastra.

Persebaya telah mendominasi permainan sejak menit pertama. Tidak butuh waktu lama Bajul membuka keunggulan setelah Taisei berhasil memanfaatkan kesalahan Rio Agata. Sepakannya dari kotak penalti pada menit keenam membuka skor 1-0. 

Persela berusaha untuk membalas meski peluang Al Jaberi terbuang begitu saja. Menit ke-20, gol Persebaya dianulir wasit setelah bola lebih dulu menyentuh tangan Valpoort. Menit ke-34, Persela menyamakan kedudukan setelah bola liar yang dieksekusi Radiansyah gagal diantisipasi Ernando Ari Sutaryadi dengan sempurna. Skor berubah imbang 1-1.

Tambahan waktu dua menit menutup akhir babak pertama. Skor 1-1 berakhir hingga turun minum.

Babak kedua diawali dengan peluang Al Jaberi yang kembali terbuang begitu saja. Persebaya kemudian merespons dengan melancarkan serangan bertubi-tubi.

Menit ke-60, Valpoort berhasil mencetak gol perdananya untuk Persebaya setelah menyundul umpan bola Taisei Marukawa. Skor berubah 2-1 untuk Bajul Ijo.

Sepuluh menit terakhir waktu normal diisi dengan percobaan peluang Persela ke arah gawang Persebaya. Sementara Persebaya tetap berusaha menyerang, tapi sudah mulai fokus untuk menjaga keunggulan.

Wasit memberikan waktu tambahan tiga menit untuk akhir laga. Persebaya sepertinya akan keluar sebagai pemenang. Namun Al Jaberi kemudian menjebol gawang Ernando pada menit kedua injury time. Menyambut umpan silang dari sisi kanan, ia melepaskan tandukan lob di depan gawang Persebaya yang tidak bisa dijangkau Ernando. SKor berubah menjadi 2-2 yang bertahan hingga laga berakhir.

Ini menjadi laga ketiga beruntun Persebaya gagal menang. Setelah menang 1-0 lawan PSS Sleman, Persebaya ditahan imbang tanpa gol oleh PSIS Semarang dan kalah 0-2 dari Persipura Jayapura. 

Daftar Susunan Pemain

Persela Lamongan: M. Rio Agata; Demerson Costa; Gian Zola Nasrulloh (Takwir Rahman 66'), Guilherme Batata, Kahar S (Ahmad Wahyudi 90'), Moch Sandy Ferizal, Selwan AlJaberi, Syarif Wijianto; Ibrahim Musa Kosepa (Malik Risaldi 46'), Ilham Fathoni (Riyatno Abiyoso 66'), dan Radiansyah.

Persebaya Surabaya: Ernando Ari; Ady Setiawan, Alie Sesay, Arif Satria, Reva Adi Utama; Arizky Wahyu Satriya (Koko Ari Araya 76'), M. Hidayat; Arsenio Valpoort (Dicky Kurniawan 76'), Bruno Moreira, Oktafianus Fernando (Johan Yoga Utama 46'), dan Taisei Marukawa.

 

Klasemen Liga 1 Musim 2024
Pos Team Main Menang Seri Kalah Gol -/+ Poin
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement