Thursday, 1 Zulhijjah 1443 / 30 June 2022

Thursday, 1 Zulhijjah 1443 / 30 June 2022

1 Zulhijjah 1443
  • JELANG HUT BHAYANGKARA KE-76,< POLRI MENGADAKAN LOMBA MENEMBAK PATI TNI-POLRI BERSAMA INSAN PERS 10-11 JUNI 2022 DI BRIMOB KELAPA DUA

YLKI Sambut Baik Fatwa Halal Vaksin Merah Putih

Jumat 11 Feb 2022 09:52 WIB

Rep: Andrian Saputra/ Red: Muhammad Hafil

YLKI Sambut Baik Fatwa Halal Vaksin Merah Putih. Foto:  Vaksinasi Covid-19 (ilustrasi)

YLKI Sambut Baik Fatwa Halal Vaksin Merah Putih. Foto: Vaksinasi Covid-19 (ilustrasi)

Foto: www.pixabay.com
Fatwa halal vaksin Merah Putih disambut baik YLKI.

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA ---Ketua Umum Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) Tulus Abadi mengapresiasi dan menyambut baik penetapan fatwa status halal vaksin merah putih oleh Majelis Ulama Indonesia. Fatwa kehalalan tersebut menjadi sangat penting bagi masyarakat Indonesia yang mayoritas Muslim. Kendati demikian Tulus menilai selain status halal, yang sangat penting adalah kepastian keamanan vaksin untuk diberikan kepada masyarakat dari berbagai lapisan usia. 

"Pemerintah harus menjamin bahwa vaksin merah putih sudah aman, jangan diburu-buru. Jangan hanya karena label merah putih, tapi mengabaikan aspek keselamatan," kata Tulus kepada Republika pada Jumat (11/2).

Baca Juga

Saat ini vaksin Merah Putih yang dikembangkan oleh PT Biotis Pharmaceuticals bekerja sama dengan Universitas Airlangga (Unair) Surabaya masih dalam tahap uji klinis. Setelah tahap uji klinis selesai, vaksin Merah Putih harus mengantongi izin darurat penggunaan agar bisa diberikan kepada masyarakat. Tulus meminta agar vaksin Merah Putih diberikan secara gratis seperti jenis vaksin yang sudah ada. Ia juga meminta agar nantinya vaksin Merah Putih lebih memprioritaskan masyarakat yang rentan terpapar Covid-19.

"Gratis itu sangat penting karena pandemi belum selesai malah makin meluas. Dan prioritasnya untuk kelompok rentan karena memang risiko tinggi terkena Covid-19," katanya.

MUI menetapkan vaksin merah putih halal dan suci untuk digunakan. Keputusan tersebut tertuang dalam Keputusan tersebut tertuang dalam Fatwa Nomor 8 Tahun 2022 tentang Produk Vaksin Covid-19 Merah Putih. 

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

f
 

BERITA LAINNYA

 
hide ads show ads
desktop mobile