Sunday, 16 Muharram 1444 / 14 August 2022

Sunday, 16 Muharram 1444 / 14 August 2022

16 Muharram 1444
  • JELANG HUT BHAYANGKARA KE-76,< POLRI MENGADAKAN LOMBA MENEMBAK PATI TNI-POLRI BERSAMA INSAN PERS 10-11 JUNI 2022 DI BRIMOB KELAPA DUA

Menteri Keseteraan Prancis Kecam Larangan Hijab Pesepakbola Muslimah

Jumat 11 Feb 2022 17:57 WIB

Rep: Ratna Ajeng Tedjomukti/ Red: Agung Sasongko

Pesepakbola Muslimah

Pesepakbola Muslimah

Foto: alarabiya.net
Menteri Kesetaraan Prancis Elisabeth Moreno kecam larangan jilbab pesepakbola.

REPUBLIKA.CO.ID, PARIS -- Menteri Kesetaraan Prancis Elisabeth Moreno mengecam larangan jilbab untuk pesepakbola muslimah dan memberikan dukungannya di belakang sekelompok pesepakbola wanita yang berusaha untuk membatalkan larangan tersebut, Kamis (10/2).

Melansir laman dailysabah.com, Jumat (11/2/2022), aturan yang ditetapkan oleh Federasi Sepak Bola Prancis (FFF) saat ini melarang pemain yang ambil bagian dalam pertandingan untuk mengenakan simbol agama yang mencolok seperti jilbab untuk atau kippa untuk Yahudi.

Baca Juga

Sebuah kelompok perempuan yang dikenal sebagai "les Hijabeuses" melakukan banding terhadap aturan pada November tahun lalu, mengklaim bahwa aturan itu diskriminatif dan melanggar hak mereka untuk menjalankan agama mereka.

"Undang-undang mengatakan bahwa perempuan muda ini boleh mengenakan jilbab dan bermain sepak bola. Di lapangan sepak bola hari ini, jilbab tidak dilarang. Saya ingin hukum dihormati," kata Menteri Kesetaraan Elisabeth Moreno kepada televisi LCI.

Dua bulan menjelang pemilihan presiden Prancis, isu tersebut menjadi perbincangan di negara yang menganut paham sekularisme ketat untuk memisahkan negara dan agama.

 

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

f
 

BERITA LAINNYA

 
hide ads show ads
desktop mobile