Senin 14 Feb 2022 06:07 WIB

Demi Kopi Berkualitas, Luwak Pun Diajak Bertransmigrasi

Kopi luwak merupakan salah satu kopi khas Indonesia yang terkenal di dunia.

Rep: Bayu Hermawan/ Red: Partner
.
Foto: network /Bayu Hermawan
.

Kopi luwak merupakan salah satu kopi khas Indonesia yang terkenal di dunia. Kopi ini menjadi salah satu yang termahal, karena selain punya rasa yang unik dan nikmat, juga sulit dan terbatasnya biji kopi Luwak.

Kopi luwak yang kita bahas disini bukan yang dijual dalam bentuk sachet dan banyak ditemukan di warung-warung ya, tetapi ini adalah kopi yang diambil langsung dari kotoran luwak. Mungkin sebagian orang merasa jijik, tetapi tentu saja untuk mendapatkan kopi luwak berkualitas, petani-petani dan produsen-produsen telah melewati berbagai tahap hingga kopi aman untuk dikonsumsi.

Luwak dalam penangkaran.
Luwak dalam penangkaran.

Kenikmatan kopi luwak membuat permintaan di pasaran terus meningkat baik di dalam negeri maupun di luar negeri. Tingginya permintaan membuat harga jenis kopi ini cenderung meningkat. Hal inilah yang membuat para petani maupun perusahaan-perusaan kopi nasional semakin gencar mengembangkan kopi luwak.

Salah satu perusahaan yang melirik keuntungan dari penjualan kopi luwak adalah PT Sulotco Jaya Abadi. Di perkebunan mereka yang berada di Rante Karua, Bittuang, Toraja, perusahaan ini membuat penangkaran khusus untuk Luwak demi mendapat biji kopi yang berkualitas.