REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Raffi Ahmad yang kini dijuluki sebagai "Sultan of Content" meyakini bahwa kreator konten Tanah Air bisa sukses di industri hiburan digital dengan mengangkat kearifan lokal dari daerahnya. Ia bahkan langsung menyebutkan contoh kreator konten lokal yang sukses dengan mengangkat kearifan lokal dan kreativitasnya adalah Mak Betty.
"Mak Betty itu kan terkenal dan namanya besar berkat vlog-nya dia. Dia asal Medan, bikin vlog sitkom dengan kondisi satu orang tapi gonta-ganti baju. Dia bawa bahasa asal Medan ke vlog-nya. Itu sangat menarik. Bayangkan kita punya banyak sosok sejenis itu di Indonesia," kata Raffi menyampaikan keyakinannya pada industri kreator konten di Indonesia yang akan terus bertumbuh dalam jumpa pers virtual, Selasa (15/2/2022).
Menurut Raffi, kreator konten di daerah juga tidak akan kehabisan akal untuk mengangkat budaya lokal sebagai kontennya. Sebab, dalam satu budaya saja, ada beragam topik yang sebenarnya bisa dibahas jika diriset dengan matang. Sebagai contoh topik cerita horor, menurut suami dari Nagita Slavina itu setiap daerah pasti memiliki cerita horor hingga urban legend yang tentunya menarik untuk dikupas.
"Misalnya lagi selain cerita horor, di tiap daerah itu suka ada kan kegiatan yang boleh dilakuin atau tidak boleh dilakuin seperti do and don't-nya itu sebenarnya bisa digali. Kalau digali itu luar biasa banget. Kreator konten lokal kita bisa sangat-sangat maju," kata Raffi.