Selasa 15 Feb 2022 21:33 WIB

Jerman: Wabah Omicron Mereda, Pembatasan Covid Bisa Dilonggarkan

Sejumlah wilayah di Jerman sudah mulai mengakhiri pembatasan Covid

Rep: Antara/ Red: Christiyaningsih
Seorang perempuan melintasi pusat vaksinasi di Frankfurt, Jerman. Sejumlah wilayah di Jerman sudah mulai mengakhiri pembatasan Covid. Ilustrasi.
Foto: AP Photo/Michael Probst
Seorang perempuan melintasi pusat vaksinasi di Frankfurt, Jerman. Sejumlah wilayah di Jerman sudah mulai mengakhiri pembatasan Covid. Ilustrasi.

REPUBLIKA.CO.ID, BERLIN - Jerman dapat mulai melonggarkan pembatasan Covid-19 setelah gelombang infeksi varian Omicron makin mereda. Demikian kata Menteri Kesehatan Karl Lauterbach pada Selasa (15/2/2022).

"Puncak Omicron sudah berlalu," kata dia kepada surat kabar Bild.

Baca Juga

Menkes menambahkan bahwa dirinya mendukung relaksasi moderat pembatasan Covid-19. Otoritas melaporkan 159.217 kasus harian Covid-19 pada Selasa, turun 6 persen dari periode yang sama pekan lalu. Tingkat infeksi selama tujuh hari juga turun dari 1.460 kasus menjadi 1.437 kasus per 100 ribu orang.

Kanselir Jerman Olaf Scholz dan para kepala negara bagian akan mengelar rapat pada Rabu untuk membahas pelonggaran aturan Covid, seperti pencabutan syarat memasuki toko non-esensial dengan menunjukkan bukti vaksinasi atau hasil negatif tes Covid. Sejumlah wilayah di Jerman sudah mulai mengakhiri pembatasan Covid.

Di Bayern, otoritas mengumumkan akan menambah jumlah pengunjung pada acara kebudayaan dan olah raga. Orang-orang yang tidak divaksin akan diizinkan mengunjungi restoran asal hasil tes Covid-19 mereka negatif. Namun, kewajiban memakai masker di dalam ruangan dan transportasi umum masih terus berlaku.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement