Rabu 16 Feb 2022 13:01 WIB

Survei: Warga Jabar Pilih Ridwan Kamil Jadi Capresnya

Naiknya dukungan pada Ridwan Kamil selaras dengan tingkat kepuasaan warga.

Red: Agus Yulianto
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil.
Foto: ANTARA/Fakhri Hermansyah
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Survei terbaru Saiful Muzani Research and Consulting (SMRC) menunjukkan, kalau warga Jawa Barat memilih Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil sebagai calon presiden mereka. Bahkan, Ridwan Kamil, Anies Baswedan, Prabowo Subianto, dan Ganjar Pranowo bersaing ketat dalam perebutan suara pemilih Jawa Barat untuk calon presiden. 

Hasil survei yang dipresentasikan Manajer SMRC, Saidiman Ahmad, menunjukkan bahwa dalam pertanyaan top of mind atau jawaban spontan, Ridwan Kamil mendapatkan dukungan 13 persen, Anies Baswedan 12,2 persen, Prabowo Subianto 12 persen, dan Ganjar Pranowo 10,7 persen. 

Sementara nama-nama tokoh lain hanya mendapatkan dukungan di bawah 3 persen. Tapi, ada 43,2 persen warga Jawa Barat yang belum menentukan pilihan.

“Bahkan dalam simulasi 4 nama calon, Ridwan Kamil masih mendapat dukungan paling tinggi sebesar 22,2 persen, disusul Prabowo Subianto 21,9 persen, Anies Baswedan 19,3 persen, dan Ganjar Pranowo 17,8 persen. Yang tidak tahu atau tidak menjawab 18,8 persen,” ujar Saidiman dalam rilis temuan survei terbaru Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC), Selasa (15/2/2022).

Menurut Saidiman, naiknya dukungan pada Ridwan Kamil selaras dengan tingkat kepuasaan warga atas kinerja Ridwan Kamil sebagai Gubernur Jawa Barat. 

“Mayoritas responden SMRC sebanyak 77 persen mengaku sangat atau cukup puas dengan kinerja Ridwan Kamil. Yang kurang atau tidak puas 19 persen dan ada 5 persen yang tidak menjawab,” katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement