Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Risa Deninta Irawan

Drainase Adalah, Jenis, dan Fungsi Terpenting Pada Sebuah Area

Info Terkini | Thursday, 17 Feb 2022, 09:44 WIB
Sumber Gambar: Dekoruma - Diedit Oleh Risa Deninta Irawan

Drainase adalah sebuah sistem saluran yang perannya sangat penting dalam pembangunan infrastruktur pada lahan manapun. Pasalnya, sistem saluran tersebut mengacu pada aspek bangunan yang bisa membuat penghuninya merasa lebih nyaman.

Selain itu, jenis-jenis drainase juga beragam, mulai dari yang alami hingga buatan. Mungkin bagi Anda yang baru saja terjun ke dalam dunia proyek pembangunan masih belum bisa memahami bagaimana sistem drainase ini digunakan pada setiap pengerjaan konstruksi. Untuk itu, kami akan berikan penjelasan lebih lengkap di dalam artikel ini.

Apakah Drainase Adalah Sistem Saluran Yang Sangat Penting?

Secara definisi, drainase adalah sebuah saluran air yang dibuat untuk mengalirkan massa air yang berlebih. Secara tidak sadar, Anda pasti sering melihat sistem saluran air tersebut pada beberapa bangunan seperti rumah, gedung kantor, bahkan di perkotaan sekalipun.

Peran drainase sangat penting ada pada sebuah konstruksi. Pasalnya, pembuatan drainase ini merupakan salah satu bentuk kebijakan pengembang daerah sebagai suatu cara untuk menghindari adanya genangan air. Selain itu, apabila dilihat dari fungsi jangka panjang, sistem drainase sangat mampu untuk meminimalisir terjadinya banjir pada sebuah area.

Jenis Drainase

Jenis saluran drainase secara umum terbagi menjadi dua jenis yaitu drainase alami dan juga buatan. Namun tidak hanya itu saja, semakin berkembangnya pengetahuan, drainase buatan pun terpecah menjadi beberapa jenis lainnya. Anda tidak perlu bingung, kami akan menjelaskannya secara rinci di bawah ini.

Drainase Alami

Jenis drainase alami merupakan sumber aliran air yang memang terbentuk secara alami, bahkan tanpa bantuan dari tangan manusia sedikitpun. Anda pasti pernah melihat sungai yang airnya terkadang deras ataupun pelan, itulah salah satu drainase alami yang mudah ditemukan.

Pembentukan saluran air alami ini biasanya terbentuk karena gerusan air terhadap permukaan tanah di sekitar. Makan, terbentuklah jalur aliran air yang akan berfungsi secara permanen.

Drainase Buatan

Selain alami, drainase juga bisa dibuat dengan tangan manusia. Saluran air buatan memang lebih sering Anda temukan di daerah perkotaan. Tentu saja dibangunnya sistem tersebut adalah untuk membantu mengalirkan air hujan ke tempat yang lebih luas sehingga tidak terjadi genangan air di permukaan kota.

Ada beberapa jenis drainase buatan yang bisa Anda pahami di bawah ini.

1. Drainase Tertutup

Sistem drainase tertutup sengaja dibuat sebagai pengalir air yang tercemar dengan limbah berbahaya. Contoh dari sistem saluran ini untuk mengalirkan limbah pabrik yang memproduksi produk-produk kimia.

Tentu saja sangat bahaya jika limbah tersebut tercampur atau bahkan tergenang dengan tidak sempurnah. Untuk itu, jenis drainase yang satu ini sangat diperlukan.

2. Drainase Terbuka

Berikutnya ada drainase terbuka yang umum sekali dibangun pada kota-kota besar. Saluran air ini berbeda dari jenis sebelumnya karena hanya untuk mengalirkan air hujan dan tidak berbahaya (yang tercampur dengan bahan kimia atau limbah).

Biasanya pemerintah setempat melakukan pemasangan dekorasi-dekorasi cantik di permukaan atau sekitar drainase terbuka ini sebagai penghias. Jadi sebuah area pun bisa terlihat lebih bagus dan nyaman untuk dipandang.

3. Drainase Bawah Tanah

Walaupun tujuan awalnya dibuat untuk menghindari genangan air, namun beberapa drainase bawah tanah ini juga memiliki fungsi untuk menambahkan nilai estetika dari sebuah area. Tentu saja karena sebuah area akan terlihat lebih rapi karena tidak ada saluran pipa di mana-mana yang terlihat dari luar.

Dalam pembuatannya, drainase bawah tanah sendiri umumnya diaplikasikan dengan geotextile untuk mencegah tanah mengotori struktur drainase.

4. Drainase Permukaan Tanah

Terakhir, ada drainase yang dibangun pada permukaan tanah. Tentu saja maksud tujuannya adalah untuk menghindari genangan air yang bisa terjadi pada permukaan sebuah lahan.

Fungsi Drainase

Apabila Anda masih memiliki pertanyaan mengapa saluran air pada sebuah area sangat penting, maka Anda harus pahami lebih dalam apa saja fungsi drainase. Fungsi drainase adalah sebagai berikut.

- Memiliki fungsi untuk mengeringkan beberapa area perkotaan yang lahannya termasuk rendah dari genangan air. Selain itu juga untuk membantu menjaga infrastruktur perkotaan agar bisa digunakan lebih lama

- Mengalirkan air ke permukaan air lainnya dengan cepat supaya tidak terjadi banjir

- Menjaga kelestarian tanah dengan cara meresapkan air yang ada di permukaan-

Jadi drainase adalah sebuah saluran air yang dibuat untuk mengalirkan massa air ke tempat yang lebih besar. Tujuan dibuatnya adalah untuk menghindari terjadinya genangan air sehingga sebuah area atau wilayah bisa menjadi tempat yang nyaman untuk tinggal.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image