Jumat 18 Feb 2022 11:50 WIB

Ini 7 Skill Incaran Perusahaan pada Masa Depan

Menurut WEF sekitar 85 juta pekerjaan akan mengalami pergeseran dari manusia ke mesin

Red: Gita Amanda
Manusia harus memiliki beberapa skill atau kemampuan agar tidak dapat digantikan oleh mesin di masa depan.
Foto: Universitas Bina Sarana Informatika
Manusia harus memiliki beberapa skill atau kemampuan agar tidak dapat digantikan oleh mesin di masa depan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Bidang Industri terus mengalami perkembangan, diperkirakan pada masa depan teknologi akan menciptakan robot dengan kecerdasan buatan untuk menggantikan pekerjaan manusia yang bersifat repetitif. Bahkan, menurut World Economic Forum (WEF) pada 2025, sekitar 85 juta pekerjaan akan mengalami pergeseran dari tenaga manusia ke mesin.

Sehingga, manusia harus memiliki beberapa skill atau kemampuan agar tidak dapat digantikan oleh mesin di masa depan. Lalu, apa saja skill yang menjadi incaran perusahaan di masa depan? Rachmat Suryadithia selaku kepala BSI Career Center (BCC) Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) membeberkan 7 skill yang paling dicari oleh perusahaan di masa depan, yaitu:

Baca Juga

1. Social Intelligence

Manusia sebagai makhluk sosial tentu mampu berinteraksi dengan manusia lainnya, walaupun berada di bidang pekerjaan yang berbeda-beda. Social intelligence merupakan bentuk empati, kejujuran serta rasa kepercayaan diri dan mampu memberikan solusi terhadap permasalahan isu sosial. Skill ini sangat dibutuhkan untuk membangun relasi dan networking terhadap individu lainnya.