Jumat 18 Feb 2022 20:09 WIB

Makan Alpukat Bisa Kontrol Kolesterol Tinggi

Sains tunjukan alpukat berikan manfaat tehadap kolesterol tinggi.

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Nora Azizah
Sains tunjukan alpukat berikan manfaat tehadap kolesterol tinggi.
Foto: www.freepik.com.
Sains tunjukan alpukat berikan manfaat tehadap kolesterol tinggi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketika memikirkan kesehatan jantung dan ingin menjaga kolesterol tetap terkendali, makanan berlemak tinggi harus dijauhkan dari piring kita. Makanan berlemak tinggi tertentu mengandung kolesterol tinggi, walaupun tidak semuanya benar-benar buruk untuk kesehatan kardiovaskular. 

Dilansir dari vegetariantimes.com, Jumat (18/2/2022), faktanya, ada satu buah tinggi lemak dan sangat disukai, yang bagus untuk kolesterol tinggi, yakni alpukat. Buah ini mungkin sangat kaya lemak, tetapi mereka mengandung lemak tak jenuh tunggal dan tak jenuh ganda yang baik untuk tubuh.

Baca Juga

Lemak baik ini harus masuk dalam diet sehat apa pun. Dan menurut penelitian, itulah yang membuat alpukat menjadi makanan yang bermanfaat untuk kolesterol tinggi. Sains juga menunjukkan hubungan potensial antara memakan alpukat dengan menurunkan kadar kolesterol.

Hanya satu alpukat per hari, dapat memberikan manfaat untuk kolesterol tinggi. Para peneliti dari Pennsylvania State University melakukan penelitian terkontrol secara acak di mana 45 peserta dewasa, semuanya secara klinis didiagnosis kelebihan berat badan atau obesitas, dan mengikuti serangkaian perubahan pola makan.

Selama dua pekan pertama penelitian, semua peserta mengikuti diet rata-rata orang Amerika yang sama, yang dirancang untuk menempatkan mereka semua pada pijakan nutrisi yang sama. Pada akhir periode awal ini, para peserta kemudian mengikuti tiga diet berbeda secara acak selama lima pekan.

Mereka mencoba diet rendah lemak, diet sedang-lemak, dan diet sedang-lemak yang mencakup satu buah alpukat per hari. Para peneliti kemudian melacak perubahan dalam metrik kesehatan utama saat para peserta mencoba setiap diet.

Pada kesimpulan penelitian, para peneliti menemukan bahwa peserta memiliki kadar kolesterol yang jauh lebih rendah ketika mengikuti diet satu alpukat per hari. Secara khusus, kadar kolesterol jahat mereka menurun.

Diet alpukat menghasilkan kadar kolesterol yang lebih rendah dibandingkan dengan diet rendah lemak dan sedang. Ada satu bonus lagi untuk makan alpukat setiap hari, yakni meningkatkan lutein yang lebih tinggi.

Lutein merupakan antioksidan yang berperan dalam kesehatan mata. Peserta yang makan alpukat setiap hari memiliki lebih sedikit partikel kolesterol jahat di dalam tubuh. Partikel-partikel itu sangat buruk bagi kesehatan jantung dan kolesterol secara keseluruhan.

Tapi mengapa alpukat mampu memberikan dampak positif seperti itu? Peneliti studi tersebut berhipotesis bahwa itu bukan hanya karena lemak tak jenuh tunggal saja. Kemungkinan besar ada beberapa senyawa bioaktif tambahan, yang dapat berkontribusi pada manfaat tambahan yang berasal dari alpukat.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement