Selasa 22 Feb 2022 01:14 WIB

Kiat Memilih Tabir Surya yang Tepat

Ada beragam variasi krim tabir surya dan penggunaannya disesuaikan jenis kulit

Rep: Antara/ Red: Christiyaningsih
Ada beragam variasi krim tabir surya dan penggunaannya disesuaikan jenis kulit. (ilustrasi)
Foto: Pixabay
Ada beragam variasi krim tabir surya dan penggunaannya disesuaikan jenis kulit. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - Tabir surya (sunscreen) menjadi salah satu produk perawatan kulit yang wajib digunakan. Namun sama halnya dengan jenis kulit, variasi sunscreen juga beragam dan harus disesuaikan dengan kondisi masing-masing orang.

Sebagian orang mungkin kebingungan dalam memilih tabir surya yang tepat untuk dirinya sendiri. Agar tidak salah produk, berikut ini adalah beberapa tips sebelum menggunakan atau membeli sunscreen sebagaimana dikutip dari Indian Express, Senin (21/2/2022).

Baca Juga

Pilih sesuai jenis kulit

Jenis kulit terbagi menjadi kering, kombinasi, minyak, sensitif dan normal. Untuk memilih tabir surya, harus disesuaikan dengan kelompoknya. Mereka yang memiliki kulit kering harus memakai tabir surya yang menghidrasi dan mengandung perlindungan spektrum luas untuk menjauhkan sinar UV.

Sementara jenis kulit berminyak atau kombinasi harus memilih tabir surya berbasis kimia atau gel yang akan menjaga kulit tetap terhidrasi dan segar. Anda harus ingat untuk mengoleskan tabir surya setiap hari termasuk pada bagian kelopak mata, telinga, belakang leher, punggung tangan dan bagian atas kaki.

Lihat kandungan bahannya

Tabir surya biasanya dibagi menjadi dua kategori besar fisik dan kimia. Tabir surya fisik atau mineral mengandung mineral seperti seng oksida yang memantulkan sinar matahari dari kulit Anda. Sedangkan tabir surya kimia mengandung senyawa kimia yang membantu perlindungan lebih luas. Kedua jenis tersebut perlu diaplikasikan kembali untuk menjaga keampuhannya.

Pelajari cara penggunaan

Tabir surya berwarna memiliki fungsi ganda sebagai pelembab atau alas bedak. Saat ini gaya riasan alami pun menjadi tren sehingga tabir surya berwarna menjadi alas bedak yang sempurna. Saat membeli tabir surya jenis ini, pertimbangkan untuk menggantinya dengan salah satu krim BB favorit atau alas bedak ringan. Sebab kini banyak tabir surya dikombinasikan dengan BB cream atau alas bedak.

Formula tahan air

Apakah tabir surya tahan air diperlukan? Jawabannya tentu saja iya. Meskipun Anda mungkin tidak memiliki aktivitas berenang di siang hari, formula tahan air akan memastikan bahwa hujan atau keringat yang tiba-tiba tidak membuat Anda terkena sinar matahari yang berbahaya. Untuk melepasnya di penghujung hari, gunakan metode pembersihan ganda yakni pembersih berbahan dasar minyak, lalu diikuti dengan pembersih berbahan dasar gel yang lembut.

Perhatikan SPF

Penelitian terbaru menunjukkan bahwa SPF 100, jika dibandingkan dengan SPF 50, membuat perbedaan yang signifikan dalam melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari. Paling tidak, pilih tabir surya dengan SPF 30 tapi harus sering mengaplikasikan ulang.

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
يَحْلِفُوْنَ بِاللّٰهِ مَا قَالُوْا ۗوَلَقَدْ قَالُوْا كَلِمَةَ الْكُفْرِ وَكَفَرُوْا بَعْدَ اِسْلَامِهِمْ وَهَمُّوْا بِمَا لَمْ يَنَالُوْاۚ وَمَا نَقَمُوْٓا اِلَّآ اَنْ اَغْنٰىهُمُ اللّٰهُ وَرَسُوْلُهٗ مِنْ فَضْلِهٖ ۚفَاِنْ يَّتُوْبُوْا يَكُ خَيْرًا لَّهُمْ ۚوَاِنْ يَّتَوَلَّوْا يُعَذِّبْهُمُ اللّٰهُ عَذَابًا اَلِيْمًا فِى الدُّنْيَا وَالْاٰخِرَةِ ۚوَمَا لَهُمْ فِى الْاَرْضِ مِنْ وَّلِيٍّ وَّلَا نَصِيْرٍ
Mereka (orang munafik) bersumpah dengan (nama) Allah, bahwa mereka tidak mengatakan (sesuatu yang menyakiti Muhammad). Sungguh, mereka telah mengucapkan perkataan kekafiran, dan telah menjadi kafir setelah Islam, dan menginginkan apa yang mereka tidak dapat mencapainya; dan mereka tidak mencela (Allah dan Rasul-Nya), sekiranya Allah dan Rasul-Nya telah melimpahkan karunia-Nya kepada mereka. Maka jika mereka bertobat, itu adalah lebih baik bagi mereka, dan jika mereka berpaling, niscaya Allah akan mengazab mereka dengan azab yang pedih di dunia dan akhirat; dan mereka tidak mempunyai pelindung dan tidak (pula) penolong di bumi.

(QS. At-Taubah ayat 74)

Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement