Senin 21 Feb 2022 15:00 WIB

Fakta Baru Kasus Penembakan Film Rust, Alec Baldwin Diduga tidak Menarik Pelatuk

Aktor Alec Baldwin bersikeras tidak menarik pelatuk pistol.

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Nora Azizah
Aktor Alec Baldwin bersikeras tidak menarik pelatuk pistol.
Foto: EPA-EFE/JUSTIN LANE
Aktor Alec Baldwin bersikeras tidak menarik pelatuk pistol.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Seorang jaksa New Mexico mengungkapkan bahwa aktor Alec Baldwin diduga melepaskan tembakan yang membunuh sinematografer 'Rust', Halyna Hutchins, tapi tanpa menarik pelatuk pistolnya. Pengacara Distrik Santa Fe, Mary Carmack-Altwies, mengatakan bahwa dia telah menonton wawancara mengejutkan Alec Baldwin dengan ABC pada Desember 2021 lalu. Dia tertarik pada klaim Baldwin bahwa dia tidak menarik pelatuknya.

“Kita bisa menarik hammernya kembali tanpa benar-benar menarik pelatuknya, dan tanpa benar-benar menguncinya. Jadi kita menariknya ke belakang sebagian, itu tidak mengunci. Kemudian jika kita melepaskannya, pin tembak bisa mengenai peluru utama,” kata Carmack-Altwies.

Baca Juga

Namun Baldwin bersikeras dalam wawancara itu, bahwa pelatuknya tidak pernah ditarik olehnya. 

“Saya tidak akan pernah menodongkan pistol ke siapa pun dan menarik pelatuknya ke arah mereka, tidak pernah,” kata bintang '30 Rock' itu.

Carmack-Altwies melakukan penyelidikan sendiri untuk menguji klaim Baldwin bahwa dia hanya menarik kembali hammer pistol sebelum melesat.

“Saya tidak tahu banyak tentang senjata api, tentu saja bukan tentang revolver era 1850-an. Jadi ketika saya pertama kali mendengarnya, saya seperti, 'Oh, itu gila',” kata dia lagi dilansir dari New York Post, Senin (21/2/2022).

Jaksa Penuntut Umum meminta salah satu penyelidiknya membawa revolver mirip yang digunakan Baldwin saat di set itu, untuk menguji apakah kerusakan mekanis dapat menyebabkan pistol itu melesat.

Mereka mengosongkan sebuah ruangan, dan Carmack-Altwies meminta dua penyelidik memeriksa pistol itu untuk memastikan pistol itu tidak diisi. Hasil penyelidikan itu mengungkapkan bahwa ternyata hammer itu bisa menyebabkan peluru langsung melesat, tanpa perlu menarik pelatuknya. Namun hasil resmi dari analisis FBI terhadap senjata itu masih harus menunggu.

Sementara Baldwin mengatakan dia tidak menarik pelatuknya, gugatan yang diajukan oleh pengawas skrip 'Rust' pada November lalu, menuduh bahwa dia sengaja menembakkan pistol ke Hutchins.

Pengacara keluarga Halyna Hutchins mengajukan gugatan kematian yang salah terhadap aktor Alec Baldwin pada Selasa lalu. Baldwin menanggapi dengan posting Instagram yang hanya menyertakan gambar karya seni dari Museum Seni Parrish yang mengatakan, ‘Semuanya akan baik-baik saja’.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement