Wednesday, 9 Rabiul Awwal 1444 / 05 October 2022

Wednesday, 9 Rabiul Awwal 1444 / 05 October 2022

 

9 Rabiul Awwal 1444
  • JELANG HUT BHAYANGKARA KE-76,< POLRI MENGADAKAN LOMBA MENEMBAK PATI TNI-POLRI BERSAMA INSAN PERS 10-11 JUNI 2022 DI BRIMOB KELAPA DUA

Satbrimob Kaltim Latihan Pengamanan VVIP Persiapan Kawal Pemindahan IKN

Selasa 22 Feb 2022 10:12 WIB

Rep: Antara/ Red: Erik Purnama Putra

Sejumlah personel Satuan Brimob Polda Kalbar di Kota Pontianak, Selasa (25/1/2022).

Sejumlah personel Satuan Brimob Polda Kalbar di Kota Pontianak, Selasa (25/1/2022).

Foto: Antara/Jessica Helena Wuysang
Brimob Kaltim harus memiliki kemampuan khusus untuk mengawal pengamanan VVIP.

REPUBLIKA.CO.ID, BALIKAPAPAN -- Personel Batalyon A Pelopor Satuan Brigade Mobil (Brimob) Polda Kalimantan Timur (Kaltim) melakukan latihan pengamanan VVIP persiapan mengawal proses pemindahan ibu kota negara dari Jakarta ke Nusantara di wilayah Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara. Pemerintah secara resmi memindahkan IKN yang prosesnya mulai 2024.

 

"Diharapkan setiap personel Satbrimob Polda Kaltim yang terlibat dalam pengawalan VIP/VVIP mampu aplikasikan pelatihan saat pelaksanaan sesungguhnya di lapangan," ujar Dansatbrimob Polda Kaltim, Kombes Andy Rifai di Kota Balikpapan, Selasa (22/2/2022).

Baca Juga

"Personel tentunya dilatih tentang SOP (prosedur pelaksanaan standar) pengamanan dan pengawalan VIP/VVIP yang diajarkan langsung oleh Subden Wanteror Detasemen Gegana," kata Andy menambahkan.

Personel Batalion A Pelopor Satbrimob Polda Kaltim, kata dia, harus memiliki kemampuan khusus yang tentunya dilatih secara khusus untuk pengamanan VVIP itu. Personel Batalion A Pelopor Satbrimob Polda Kaltim juga harus memiliki intelektual yang tinggi dan rasa tanggung jawab lanjut. Pasalnya, tugas pengamanan menyangkut dengan keselamatan.

"Dalam pelaksanaan pengawalan VIP/VVIP tidak bisa dilakukan oleh sembarangan anggota Polri," ucap Andy. Pengamanan VVIP merupakan usaha atau kegiatan dalam mencegah maupun mengatasi ancaman serta gangguan yang datang dari luar, dan dapat merugikan atau membahayakan objek yang dikawal.

Brimob Polda Kalimantan Timur siap mengawal proses pemindahan IKN setelah disahkannya UU Nomor 3 Tahun 2022 tentang Ibu Kota Negara Nusantara. "Dilaksanakannya pelatihan VVIP sebagai persiapan personel untuk kawal proses pemindahan IKN Indonesia dari Jakarta ke lokasi yang baru," kata Andy.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

f

 

 

BERITA LAINNYA

 

 

hide ads show ads
desktop mobile