Selasa 22 Feb 2022 20:21 WIB

Comeback Grup K-Pop Paling Dinanti Tahun Ini

Grup Bigbang dikabarkan akan comback dalam formasi kuartet..

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Qommarria Rostanti
...
Foto: EPA/YONHAP SOUTH KOREA OUT
Comeback musisi K-pop yang paling dinanti tahun ini. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, SEOUL -- Tahun 2022 menjadi tahun penuh harapan dalam berbagai hal. Mulai dari sektor fashion yang kian membaik, pembatasan pandemi mulai dilonggarkan, hingga comeback musisi K-pop yang paling dinanti. 

Tahun ini merupakan langkah yang cukup definitif untuk semua lini. Di antara ambisi besar yang memengaruhi cara bepergian dan hidup kita, muncul secercah harapan yang disediakan untuk K-pop. Pada awal bulan ini, BigBang mengumumkan comeback mereka yang telah lama ditunggu-tunggu.

Baca Juga

Setelah empat tahun hiatus karena wajib militer para anggota, Covid-19, serta skandal yang terjalin, kembalinya grup terkenal itu ke dunia musik membuktikan bahwa segala sesuatu sangat mungkin terjadi pada 2022.

Tanpa ragu, comeback musim semi mereka sebagai kuartet akan mengguncang industri saat para penggemar dapat bersatu kembali dengan G-Dragon, T.O.P, Taeyang, dan Daesang sebagai sebuah grup lagi. Mereka bukan satu-satunya grup yang paling dinanti comeback-nya tahun ini. Berikut daftar musisi K-pop yang akan kembali ke panggung musik pada 2022, seperti dilansir di laman Vogue, Selasa (22/2/2022):

1. BigBang

photo
Kelompok musik Korea Bigbang - (EPA)
 

Sebelum BTS, BigBang adalah raja K-pop yang tak terbantahkan sejak debut mereka. Boy group yang tiada duanya itu, mendominasi tangga lagu dan panggung global dengan club bangers yang menarik dan lagu hiphop emosional yang ditulis sendiri.

BigBang membuat sejarah dengan menjadi grup Korea pertama yang membawa pulang penghargaan akting dunia di MTV Europe Music Awards. Comeback musim semi akan kembali tanpa Seungri, dan musik baru mereka dengan video klipnya.

2. BTS

photo
BTS. - (AP)
 

Boy group yang telah mengguncang dunia dan memecahkan banyak rekor bahkan meraih nominasi Grammy, maka BTS sudah bisa disebut sebagai household name. Siapa pun yang secara aktif mengikuti karya dan aktivitas mereka dalam beberapa tahun terakhir, akan tahu bahwa mereka telah bekerja sangat keras.

Mereka sudah mencapai titik di mana mereka mengadakan konser baru-baru ini di LA serta berkolaborasi dengan Coldplay. Sampai sekarang, semua anggota sedang mengambil waktu istirahat yang lama, sambil tetap berhubungan dengan penggemar mereka (Army) melalui platform media sosial mereka. Muncul kabar mereka akan kembali tahun ini.

3. GOT7

photo
Boyband Korea GOT7. - (EPA)
 

Pada tahun lalu, GOT7 dari JYP Entertainment mengumumkan bahwa mereka akan berpisah dengan agensi mereka. Ketujuh anggota itu melanjutkan untuk menandatangani kontrak dengan agensi terpisah, sebuah langkah untuk menjelaskan aktivitas solo masing-masing.

Namun, grup itu meyakinkan basis penggemar mereka (Ahgas dalam bahasa Korea), bahwa grup tersebut akan tetap kembali sebagai GOT7 suatu hari nanti meskipun berada di perusahaan yang terpisah.

Tidak diragukan lagi, kembalinya grup ini akan menimbulkan lebih banyak kesulitan daripada keadaan konvensional, tapi sepertinya itu mungkin terjadi lebih cepat dari yang diharapkan penggemar. Pada awal tahun ini, Bambam GOT7 mengungkapkan bahwa dia tahu persis kapan comeback grup akan terjadi.

4. Blackpink

photo
Blackpink. - (EPA)
 

Girl group terbesar di K-pop akhir-akhir ini sedang hiatus, dengan fokus masing-masing anggota pada proyek solo (yaitu album solo Lisa dan Jisoo terjun ke dunia akting). Namun jangan lupa bahwa mereka adalah girl group K-pop pertama yang bermain di Coachella, serta yang pertama mencapai satu miliar views Youtube.

Terlepas dari kekeringan dalam promosi grup, para gadis telah memperkuat ikatan mereka di VLive bersama-sama, serta merayakan ulang tahun satu sama lain di media sosial. Dari situ tercium comeback yang sedang berlangsung, termasuk single berbahasa Inggris lengkap dari Blackpink.

5. Zico

photo
Rapper Korea Selatan, Zico. - (EPA)
 

Paling dikenal karena menjembatani kesenjangan antara idola K-pop dan artis hiphop, Zico telah membuat terobosan di kancah musik Korea dengan beragam gaya di jalurnya. Pada April ini, rapper dan penulis lagu akan keluar dari militer, yang memberikan harapan bahwa para penggemar akhirnya dapat melihat musik baru segera hadir.

6. Aespa

photo
Aespa, girl band baru di bawah naungan SM Entertainment. - (Soompi)
 

Aespa mungkin masih sangat muda di dunia K-pop tetapi dampak dan kesuksesan mereka jelas tidak boleh diremehkan. Sejak debut mereka, lagu-lagu seperti “Black Mamba” dan “Next Level” telah menunjukkan kehebatan mereka dalam menciptakan kembali seperti apa suara pop tradisional Korea. Ini untuk album sukses lainnya dari girl group yang sedang berkembang.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement