Selasa 22 Feb 2022 22:38 WIB

Kasus Covid-19 di Luar Pulau Jawa dan Bali Meningkat

Masyarakat diminta waspada dengan peningkatan kasus Covid-19.

Red: Nora Azizah
Masyarakat diminta waspada dengan peningkatan kasus Covid-19 di luar Jawa dan Bali.
Foto: Antara/Andreas Fitri Atmoko
Masyarakat diminta waspada dengan peningkatan kasus Covid-19 di luar Jawa dan Bali.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Koordinator Tim Pakar dan Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan COVID-19 Prof Wiku Adisasmito meminta masyarakat waspada di tengah meningkatnya kasus COVID-19 di luar provinsi di Pulau Jawa dan Bali. "Perlu saya tekankan saat ini kita perlu waspada secara menyeluruh sebab data menunjukkan telah terjadi pergeseran tren kasus ke provinsi di luar Jawa, Bali," kata Wiku dalam Konferensi Pers Perkembangan Penanganan COVID-19 di Indonesia, yang diikuti secara daring di Jakarta, Selasa (22/2/2022).

Dia menambahkan, meskipun secara nasional kasus COVID-19 terus meningkat, namun kenaikan di provinsi luar Jawa dan Bali lebih cepat dan signifikan sehingga meningkatkan kontribusipada jumlah kasus nasional. Wiku mengatakan, kasus mingguan di provinsi luar Jawa-Bali pada akhir Januari hanya sekitar 600 kasus, sedangkan saat ini sudah meningkat menjadi 95 ribu kasus.

Baca Juga

"Kasus mingguan di luar Jawa-Bali hanya sekitar 600 kasus pada akhir Januari lalu dan sekarang angkanya meningkat tajam menjadi 95 ribu kasus," katanya.

Hal tersebut membuat kontribusi kasus provinsi luar Jawa-Bali meningkat menjadi 24 persen dari jumlah kasus nasional. "Jika pada awalnya luar Jawa-Bali hanya menyumbangkan 3-4 persen dari total kasus nasional, saat ini angkanya terus naik hingga mencapai 24 persen dari total kasus nasional," katanya.

Wiku menjelaskan, provinsi-provinsi yang paling banyak mengalami penambahan kasus mingguan di provinsi luar Jawa Bali adalah Sumatera Utara, Sulawesi Selatan dan Kalimantan Timur. "Sumatera Utara mengalami penambahan kasus sebesar 12 ribu kasus dalam satu minggu, disusul Sulawesi Selatan dan Kalimantan Timur dengan bertambah 10 ribu kasus," katanya.

Berikutnya Sumatera Selatan, Sulawesi Utara, Lampung, Papua, Riau, Kalimantan Selatan dan Sumatera Barat. Dengan peningkatan jumlah kasus ini, Wiku meminta semua pihak untuk waspada karena angka pemakaian tempat tidur di rumah sakit juga semakin meningkat.

"Hal ini perlu menjadi kewaspadaan kita bersama, apalagi kenaikan kasus pada provinsi-provinsi tersebut juga diiringi dengan kenaikan kematian dan angka keterpakaian tempat tidur atau BOR, meskipun tidak setinggi pada gelombang delta lalu," katanya. 

Melihat dinamika kasus yang ada, pihaknya meminta agar penanganan kasus COVID-19 difokuskan pada provinsi luar Jawa dan Bali.

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
وَذَرِ الَّذِيْنَ اتَّخَذُوْا دِيْنَهُمْ لَعِبًا وَّلَهْوًا وَّغَرَّتْهُمُ الْحَيٰوةُ الدُّنْيَا وَذَكِّرْ بِهٖٓ اَنْ تُبْسَلَ نَفْسٌۢ بِمَا كَسَبَتْۖ لَيْسَ لَهَا مِنْ دُوْنِ اللّٰهِ وَلِيٌّ وَّلَا شَفِيْعٌ ۚوَاِنْ تَعْدِلْ كُلَّ عَدْلٍ لَّا يُؤْخَذْ مِنْهَاۗ اُولٰۤىِٕكَ الَّذِيْنَ اُبْسِلُوْا بِمَا كَسَبُوْا لَهُمْ شَرَابٌ مِّنْ حَمِيْمٍ وَّعَذَابٌ اَلِيْمٌ ۢبِمَا كَانُوْا يَكْفُرُوْنَ ࣖ
Tinggalkanlah orang-orang yang menjadikan agamanya sebagai permainan dan senda gurau, dan mereka telah tertipu oleh kehidupan dunia. Peringatkanlah (mereka) dengan Al-Qur'an agar setiap orang tidak terjerumus (ke dalam neraka), karena perbuatannya sendiri. Tidak ada baginya pelindung dan pemberi syafaat (pertolongan) selain Allah. Dan jika dia hendak menebus dengan segala macam tebusan apa pun, niscaya tidak akan diterima. Mereka itulah orang-orang yang dijerumuskan (ke dalam neraka), karena perbuatan mereka sendiri. Mereka mendapat minuman dari air yang mendidih dan azab yang pedih karena kekafiran mereka dahulu.

(QS. Al-An'am ayat 70)

Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement