Tuesday, 8 Rabiul Awwal 1444 / 04 October 2022

Tuesday, 8 Rabiul Awwal 1444 / 04 October 2022

 

8 Rabiul Awwal 1444
  • JELANG HUT BHAYANGKARA KE-76,< POLRI MENGADAKAN LOMBA MENEMBAK PATI TNI-POLRI BERSAMA INSAN PERS 10-11 JUNI 2022 DI BRIMOB KELAPA DUA

KAI Commuter akan Operasikan Rangkaian KRL yang Lebih Panjang di Jalur Jatinegara-Bogor

Rabu 23 Feb 2022 12:05 WIB

Rep: Rahayu Subekti/ Red: Nidia Zuraya

Penumpang bersiap menaiki KRL di Stasiun Manggarai, Jakarta, Kamis (13/1/2022). PT KAI Commuter memastikan rangkaian kereta rel listrik (KRL) lebih panjang akan beroperasi di lintas loop line atau Jatinegara-Bogor/Nambo.

Penumpang bersiap menaiki KRL di Stasiun Manggarai, Jakarta, Kamis (13/1/2022). PT KAI Commuter memastikan rangkaian kereta rel listrik (KRL) lebih panjang akan beroperasi di lintas loop line atau Jatinegara-Bogor/Nambo.

Foto: ANTARA/Akbar Nugroho Gumay
Setiap harinya ada 198 perjalanan di lintas Jatinegara-Bogor/Nambo.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT KAI Commuter memastikan rangkaian kereta rel listrik (KRL) lebih panjang akan beroperasi di lintas loop line atau Jatinegara-Bogor/Nambo. VP Corporate Secretary KAI Commuter Anne Purba mengatakan hal tersebut dilakukan sebagai upaya meningkatkan kualitas operasional dan layanan KRL. 

 

"Dalam waktu dekat loop lone juga akan mulai dilayani rangkaian kereta yang terdiri dari 12 kereta dalam satu rangkaian atau kereta SF 12," kata Anne dalam pernyataan tertulisnya, Rabu (23/2/2022). 

Baca Juga

Anne menjelaskan, saat ini lintas tersebut dilayani dengan rangkaian kereta yang terdiri dari delapan atau 10 kereta dalam satu rangkaian. Kereta SF 12 sebelumnya tidak dapat melayani lintas rersebut karena kondisi prasarana perkeretaapian seperti panjang peron yang belum mencukupi, dan adanya perlintasan sebidang di sejumlah lokasi dekat stasiun. 

Dia memastikan dalam beberapa pekan terakhir KAI Commuter dan PT KAI Daop 1 Jakarta telah melakukan survei dan persiapan secara bertahap untuk menyesuaikan kondisi prasarana perkeretaapian agar dapat melayani kereta SF 12. "Mulai 1 Februari 2022 lalu misalnya, perlintasan sebidang di Stasiun Kemayoran telah ditutup untuk meningkatkan keselamatan bagi pengguna jalan maupun perjalanan kereta serta mendukung program pengoperasian kereta SF 12 ini," ungkap Anne. 

Dalam survei tersebut, Anne mengtakan ditemukan sejumlah stasiun sudah dapat melayani kereta SF 12 cukup dengan menggeser marka penanda batas berhenti kereta. Sementara sejumlah stasiun lain panjang peronnya belum mencukupi untuk kereta SF 12.

Untuk itu, Anne menegaskan KAI dan KAI Commuter akan menyiapkan perpanjangan peron. "Dalam masa pekerjaan perpanjangan peron, petugas akan mengumumkan kereta mana saja yang belum mendapat peron di stasiun tertentu, sehingga pengguna yang akan turun di stasiun tersebut dapat bergeser ke kereta lain," jelas Anne. 

Saat ini berbagai persiapan terus dilakukan petugas di stasiun-stasiun Loop Line untuk dapat melayani kereta SF 12. Dalam waktu dekat, kata Anne, akan dilakukan uji coba pengoperasian satu rangkaian kereta SF 12 di lintas tersebut.

KAI Commuter mencatat setiap harinya terdapat 198 perjalanan di lintas Jatinegara-Bogor/Nambo. Lintasan tersebut melayani jumlah pengguna yang cukup besar dengan rata-rata 78.616 pengguna per hari.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

f

 

 

BERITA LAINNYA

 

 

hide ads show ads
desktop mobile