Rabu 23 Feb 2022 20:16 WIB

Optimisme Persib Jadi Juara Liga 1

Sebagai pelatih tentu harus merasa optimistis di setiap laga

Rep: Hartifiany Praisra/ Red: Muhammad Akbar
Latihan perdana Persib di Bali, Ahad (2/1).
Foto: Dok. Persib
Latihan perdana Persib di Bali, Ahad (2/1).

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Persib Bandung kembali mendapatkan hasil positif dengan mengalahkan PSM Makassar. Laga tunda pekan ke-22 ini berakhir dengan skor 2-0 di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Selasa (22/2/2022).

Persib menang dari gol cepat David Da Silva dan Zalnando jelang menit akhir. Pelatih Persib, Robert Rene Alberts mengaku tim optimis bisa meraih gelar di sisa pertandingan di musim ini.

"Sebagai pelatih tentu harus merasa optimistis di setiap laga, optimis bahwa kami bisa menjadi juara," kata Robert usai laga.

Robert mengakui ada banyak hal di luar kendali tim yang terjadi selama kompetisi berlangsung. Sebut saja dengan padatnya jadwal kompetisi dan banyaknya pemain yang terpapar Covid-19.

"Kami melakukan pekerjaan dengan jujur, mempersiapkan tim, kami juga melihat jadwal yang waktu jedanya hanya 203 hari, seakan seperti sepak bola yang menyakitkan," kata Robert.

Namun dibalik itu, rasa optimisme tetap tumbuh ketika tim masuk lapangan. Terbukti dari tim yang berhasil menang meski sempat menggunakan tim pelapis.

Dalam laga kontra PSM sekalipun, Robert melihat kedua tim mengalami kelelahan. Hal ini membuat level permainan dalam pertandingan tersebut merosot.

"Tapi ini diluar kendali kami, kami mengikuti apa yang harus  kami lakukan," kata Robert.

Tak sedikit pemain yang baru pulih dari Covid-19 dipaksa untuk bermain. Padahal selama masa isolasi pemain tidak berlatih dan bertanding sehingga kondisi tubuh dan ritme permainan turun.

"Padahal dari sisi medis itu tidak boleh dilakukan. Setelah Covid-19 seharusnya ada waktu untuk pemulihan tapi itu tidak bisa dilakukan karena kami dituntut untuk menang," kata Robert.

Persaingan ketat memang sudah terjadi sejak kompetisi berlangsung. Persib yang selalu ada di lima besar pun dituntut untuk mendapatkan hasil positif meski banyak masalah yang harus dihadapi tim.

Kini Persib pun menyisakan tujuh pertandingan tersisa hingga akhir musim. Dengan segala kemampuan yang ada, Robert pun tetap optimis bisa meraih gelar seperti target awal Persib.

"Kami optimis, begitu juga tim lain, tapi situasi yang ada sekarang sangat sulit," kata Robert.

Persib bersaing ketat dengan empat penantang gelar lain yang ada di lima besar klasemen. Yakni Arema FC, Bali United, Bhayangkara FC dan Persebaya. Menariknya, selain Bhayangkara FC, Persib belum bertemu dengan tiga tim lainnya di putaran kedua ini.

Klasemen Liga 1 Musim 2024
Pos Team Main Menang Seri Kalah Gol -/+ Poin
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement