PJR Polda Jatim dan JNK Razia Kendaraan ODOL di Jalan Tol

Red: Muhammad Fakhruddin

PJR Polda Jatim dan JNK Razia Kendaraan ODOL di Jalan Tol (ilustrasi).
PJR Polda Jatim dan JNK Razia Kendaraan ODOL di Jalan Tol (ilustrasi). | Foto: Republika/bowo pribadi

REPUBLIKA.CO.ID,MADIUN -- Petugas gabungan dari Patroli Jalan Raya (PJR) Polda Jawa Timur dan PT Jasa Marga Ngawi-Kertosono-Kediri (JNK) merazia kendaraan "over dimensionoverloading" (ODOL) di Jembatan Timbang Jalan Tol Ruas Madiun-Kertosono KM 649.

Kanit PJR 6 Polda Jatim AKP Puguh Winarno mengatakan dalam razia tersebut, petugas berhasil mendapatkan puluhan kendaraan angkutan yang kelebihan muatan dan tidak sesuai dimensi. "Operasi penertiban kendaraan ODOL ini bertujuan untuk menekan kecelakaan lalu lintas dan menjaga aspek keamanan bagi kendaraan pengguna jalan tol," ujar AKP Puguhdi Madiun, Rabu (23/2/2022).

Dari hasil operasi kendaraan ODOL yang digelar selama beberapa jam tersebut, petugas gabungan berhasil menindak sebanyak 25 kendaraan yang kelebihan muatan dan tidak sesuai dimensi. Bagi kendaraan angkutan yang dimensi baknya diubah melebihi standar diwajibkan mengembalikan ke ukuran yang telah ditetapkan.

Sementara kendaraan dengan muatan lebih diberi surat tilang (bukti pelanggaran). Puguh menjelaskan, sudah banyak kejadian kecelakaan yang diakibatkan oleh muatan yang berlebihan.

Baca Juga

Sebab, kendaraan yang bermuatan berlebihan tidak akan bisa optimal saat melintas di jalan raya bahkan rentan kecelakaan saat berjalan di tikungan tajam ataupun tanjakan.

Selain rentan terjadi kecelakaan, muatan berlebihan dan tonase tidak sesuai kelas jalan akan merusak infrastruktur jalan yang dilintasi. Untuk itu, pihaknya mengimbau para pengguna jalan untuk mematuhi tata tertib berlalu lintas. Ia menegaskan akan menindak tiap pelanggar kendaraan angkutan barang yang bermuatan berlebihan.

Terkait


Aksi Unjukrasa Pengemudi Truk Blokade Jalur Pantura

Ratusan Sopir Truk Tutup Jalur Pantura Batang

Demo Tolak Aturan Odol di Semarang

Pengguna Jalan Keluhkan Kemacetan Akibat Aksi Awak Truk di Ungaran

Demo Kebijakan ODOL, Ratusan Truk Padati Batas Kota Semarang-Ungaran

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan DIY, Jawa Tengah & Jawa Timur. Jalan Perahu nomor 4 Kotabaru, Yogyakarta

Phone: +6274566028 (redaksi), +6274544972 (iklan & sirkulasi) , +6274541582 (fax),+628133426333 (layanan pelanggan)

[email protected]

Ikuti

× Image
Light Dark