Kamis 24 Feb 2022 11:15 WIB

7 Saran Panglima Santri Jabar pada Menag Yaqut Cholil Qoumas

Jelang bulan suci Ramadhan dan Idul Fitri, penggunaan speaker masjid dan mushala menjadi sangat vital, karena menjadi momentum syiar Islam.

Rep: bandung 24jam/ Red: Partner
.
.

Panglima Santri Jabar Uu Ruzhanul Ulum
Panglima Santri Jabar Uu Ruzhanul Ulum

BANDUNG---Surat Edaran Menteri Agama RI Yaqut Cholil Qoumas menuai kontroversi. Salah satu yang turut angkat biacara adalah Panglima Santri Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum. Uu pun mempertanyakan, diterbitkannya Surat Edaran Menteri Agama No SE 05 Tahun 2022 tentang Pedoman Penggunaan Pengeras Suara di Masjid dan Mushala. Ia meminta pihak Kementerian Agama (Kemenag) agar lebih bijak dalam membuat aturan.

Surat Edaran ini, kata dia, menuai pro dan kontra dari berbagai pihak, sehingga memicu kegaduhan. Terutama, timing penerbitan Surat Edaran ini dinilai kurang tepat karena menjelang bulan suci Ramadhan.

Berikut, 7 Saran Panglima Santri Jabar ke Menag Yaqut:

1. Kalau boleh, Kemenag jangan bikin gaduh, karena umat Islam sekarang sedang siap-siap menghadapi bulan Ramadhan.

2. Uu berharap, pihak Kemenag seyogyanya melibatkan tokoh-tokoh agama dari berbagai daerah di seluruh Indonesia untuk berdiskusi sebelum membuat aturan. Dengan demikian, aturan akan lebih mudah diterapkan dan ditaati, meski surat edaran tidak memiliki kekuatan hukum.

"Paling tidak ada komunikasi dulu dengan tokoh agama atau pemuka masyarakat lainnya. Jangan tiba-tiba (keluarkan) edaran, masyarakat banyak yang bertanya pada saya," kata Uu.

3. Sekalipun secara hierarki surat edaran tidak memiliki kekuatan hukum, tetapi masyarakat banyak yang resah dengan hal semacam ini.

Uu menyarankan agar pihak Kemenag lebih menitikberatkan penyusunan aturan terkait pemanfaatan masjid dan mushala jelang Ramadhan yang disesuaikan dengan kondisi perkembangan pandemi Covid-19. Menurutnya, langkah tersebut lebih bijak untuk dilakukan di negara dengan penduduk mayoritas muslim ini.

4. Uu berharap Kemenag lebih bijaksana dalam mengambil keputusan pengaturan agama di Indonesia yang mayoritas muslim. Lebih baik, mempersiapkan umat Islam menghadapi bulan suci Ramadhan, surat edaran masjid harus dipersiapkan untuk salah tarawih dan sebagainya. Itu akan lebih mengena dan adem pada masyarakat.

5. Uu juga mengajak Kemenag untuk mengalihkan fokus penyusunan kebijakan pada permasalahan keberpihakan pemerintah untuk pondok pesantren, pemenuhan kebutuhan sarana dan prasarana madrasah ibtidaiyah, tsanawiyah dan aaliyah, hingga isu toleransi di beberapa daerah yang dianggap rawan.

6. Madrasah ibtidaiyah, tsanawiyah dan aaliyah swasta yang kekurangan guru dan sarana prasarana. Kemudian juga tentang daerah-daerah yang dianggap toleransinya rawan. Seharusnya Menag lebih memperhatikan hal ini.

7. Jelang bulan suci Ramadhan dan Idul Fitri, penggunaan speaker masjid dan mushala menjadi sangat vital, karena menjadi momentum syiar Islam. Sehingga jika ada pihak yang merasa terganggu dengan penggunaan speaker masjid, Uu berharap rasa saling menghargai masyarakat lebih ditingkatkan. N Arie Lukihardianti

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement