Kamis 24 Feb 2022 12:27 WIB

Lebih dari Seratus Nakes di Kota Cirebon Dikabarkan Terpapar Covid-19

Beban kerja nakes yang bertugas di Kota Cirebon dinilai lebih berat.

Rep: Lilis Sri Handayani/ Red: Irfan Fitrat
Kepala Dinas Kesehatan Kota Cirebon Edy Sugiarto (ketiga kiri).
Foto: diskominfo kota cirebon
Kepala Dinas Kesehatan Kota Cirebon Edy Sugiarto (ketiga kiri).

REPUBLIKA.CO.ID, CIREBON — Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Cirebon mengabarkan ada lebih dari seratus tenaga kesehatan (nakes) yang terpapar Covid-19. Menurut Kepala Dinkes Kota Cirebon Edy Sugiarto, nakes yang terpapar Covid-19 ini tersebar di rumah sakit maupun puskesmas.

Berdasarkan informasi dari Dinkes, nakes yang terpapar Covid-19 ini, di antaranya bertugas di RSD Gunung Jati. Menurut Edy, di rumah sakit tersebut dilaporkan ada 120 orang yang positif Covid-19. Sepuluh di antaranya disebut merupakan dokter spesialis.

Selain di RSD Gunung Jati, ada juga 52 nakes di RS Ciremai yang terpapar Covid-19. Edy mengatakan, dilaporkan juga ada 68 nakes di puskesmas yang positif Covid-19.

Menurut dia, sebagian besar nakes di puskesmas yang positif Covid-19 itu sudah sembuh. “Yang di puskesmas sebanyak 90 persen sudah sembuh. Yang rumah sakit dalam proses,” kata Edy, Rabu (23/2/2022).

Kasus Covid-19 di Kota Cirebon kembali meningkat belakangan ini. Berdasarkan data Pusat Informasi dan Koordinasi Covid-19 Kota Cirebon, per 23 Februari 2022, terdata penambahan 43 kasus terkonfirmasi aktif Covid-19, sehingga total menjadi 13.771 kasus. Sebanyak 708 orang dilaporkan masih menjalani isolasi atau perawatan.

Adapun tingkat keterisian tempat tidur (bed occupancy rate/BOR) untuk pasien Covid-19 di rumah sakit wilayah Kota Cirebon dilaporkan mencapai 37,8 persen. Dengan adanya nakes yang terpapar Covid-19, Edy mengatakan, jumlah nakes yang bertugas berkurang, sehingga beban kerjanya bertambah. “Jadi, jaganya lebih kencang, lebih berat,” ujarnya.

Pemerintah Kota (Pemkot) Cirebon berupaya untuk menurunkan BOR di rumah sakit. Untuk itu, menurut Sekretaris Daerah Kota Cirebon Agus Mulyadi, salah satu caranya adalah dengan memprioritaskan tempat perawatan di rumah sakit untuk pasien gejala berat dan sedang, serta yang kondisinya kritis. “Karena bobot rawat inap kita ini yang paling besar,” kata Agus.

Sementara bagi pasien Covid-19 tanpa gejala atau bergejala ringan, menurut Agus, akan diarahkan untuk menjalani isolasi mandiri di rumah. Pemerintah daerah juga berupaya menyediakan tempat isolasi terpadu. “Aktivasi isolasi terpadu sedang dalam proses,” ujarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement