Thursday, 13 Muharram 1444 / 11 August 2022

Thursday, 13 Muharram 1444 / 11 August 2022

13 Muharram 1444
  • JELANG HUT BHAYANGKARA KE-76,< POLRI MENGADAKAN LOMBA MENEMBAK PATI TNI-POLRI BERSAMA INSAN PERS 10-11 JUNI 2022 DI BRIMOB KELAPA DUA

 Al Washliyah Desak Pemerintah India Lindungi Muslim

Kamis 24 Feb 2022 09:09 WIB

Rep: Andrian Saputra/ Red: Agung Sasongko

Ketua Umum  PB Al Washliyah - Mahsyuril Khamis

Ketua Umum PB Al Washliyah - Mahsyuril Khamis

Foto: Republika/Iman Firmansyah
Kekerasan terhadap umat Islam kerap terjadi di India.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA --- Pengurus Besar Al Jami'yatul Washliyah mengeluarkan pernyataan sikap terkait insiden kekerasan dan intimidasi terhadap umat Islam di India. Terutama sejak partai Hindu Fundamentalis Partai Bharatiya Janata (BJP) berkuasa di bawah pimpinan PM Narendra Modi, kekerasan terhadap umat Islam di negara tersebut kerap terjadi.

Dalam pernyataan sikapnya, PB Al Washliyah menyayangkan masih terjadinya tindakan kekerasan yang dilakukan warga India yang mayoritas beragama Hindu kepada warga yang memeluk agama Islam. Insiden terakhir yang menjadi perhatian dunia adalah larangan bagi muslimah untuk menutup aurat dengan mengenakan jilbab. Tindakan pelarangan menggunakan jilbab tersebut telah menimbulkan reaksi dari umat Islam di seluruh dunia.

Baca Juga

"Umat Islam di India memang minoritas, tetapi tidak dibenarkan kepada siapapun untuk menindas apalagi membantai kelompok minoritas seperti yang terjadi di India. Untuk itu kami minta untuk segera dihentikan segala bentuk kekerasan kepada umat Islam," begitu pernyataan sikap PB Al Washliyah sebagaimana diterima Republika,co.id dari Ketua Umum PB Al Washliyah, KH. Masyhuril Khamis pada Kamis (24/2/2022). 

Selain itu Al Washliyah juga menyatakan bahwa sebagai warga dunia, India seharusnya melindungi warganya tanpa diskriminasi terhadap agama tertentu khususnya Islam. Al Washliyah juga meminta pimpinan BJP yang tengah berkuada untuk memimpin dengan adil tanpa diskriminasi dan rasis. 

Al Washliyah juga meminta pemerintah India untuk menghentikan segala bentuk kekerasan penyiksaan dan pembantaian kepada umat Islam di India serta memberikan hukuman seberat-beratnya kepada pelaku kekerasan tersebut. Pemerintah India juga didesak untuk meningkatkan keamanan dan kenyamanan serta melindungi seluruh warga negara khususnya umat Islam agar bisa hidup damai dan menjalankan agamanya dengan baik. 

Al Washliyah juga meminta kepada umat Muslim India agar bersabar dan tidak surut dalam berislam dan berdakwah. Selain itu Al Washliyah juga mendorong Organisasi Kerjasama Islam (OKI) dan Liga Arab segera melakukan langkah cepat untuk memberikan bantuan kepada umat Islam India. Diharapkan dengan langkah-langkah diplomasi OKI dan Liga Arab dapat membantu kondisi umat Muslim India. Al Washliyah juga mendesak pemerintah Indonesia untuk cepat merespon dengan mengambil langkah diplomatis dan mendesak agar tindakan pelanggaran terhadap kemanusiaan yang terjadi di India bisa dihentikan. 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

f
 

BERITA LAINNYA

 
hide ads show ads
desktop mobile