Kamis 24 Feb 2022 18:57 WIB

Ikuti Barat, Korsel akan Turut Jatuhkan Sanksi ke Rusia 

Sejumlah negara telah lebih dulu menjatuhkan sanksi kepada Rusia.

Rep: Kamran Dikarma/ Red: Friska Yolandha
 Presiden Korea Selatan Moon Jae-in. Korea Selatan turut menjatuhkan sanksi kepada Rusia.
Foto: AP/Pool Joint Press Photo
Presiden Korea Selatan Moon Jae-in. Korea Selatan turut menjatuhkan sanksi kepada Rusia.

REPUBLIKA.CO.ID, SEOUL -- Korea Selatan (Korsel) turut bereaksi atas langkah Rusia menyerang Ukraina. Negeri Ginseng memutuskan untuk bergabung dengan Barat dalam menjatuhkan sanksi terhadap Moskow.

“Kedaulatan, integritas teritorial, dan kemerdekaan Ukraina harus dijamin,” Presiden Korsel Moon Jae-in dalam sebuah pernyataan, Kamis (24/2/2022).

Baca Juga

Moon menyebut serangan Rusia ke Ukraina sebagai “invasi bersenjata”. Menurutnya penggunaan kekuatan yang menyebabkan kerugian bagi warga tak bersalah tak bisa dibenarkan dalam keadaan apa pun. “Korsel akan mendukung dan berpartisipasi dalam upaya masyarakat internasional, termasuk sanksi ekonomi,” ucapnya.

Sesaat setelah melancarkan sanksi ke beberapa kota di Ukraina, Amerika Serikat (AS) dan Uni Eropa mengatakan akan menjatuhkan sanksi lanjutan terhadap Rusia. Sebelumnya Barat memang telah menerapkan sanksi terhadap Moskow atas keputusannya mengakui kemerdekaan Luhansk dan Donetsk, dua wilayah di Ukraina timur yang dikuasai kelompok milisi pro-Rusia. Langkah Rusia dianggap ilegal dan mengikis peluang negosiasi perdamaian.

Merespons pengakuan kemerdekaan dua wilayah itu, AS menjatuhkan sanksi terhadap bank militer Rusia yaitu Corporation Bank for Development and Foreign Economic Affairs Vnesheconombank (VEB) dan Promsvyazbank. Lima pejabat Kremlin juga dibidik oleh sanksi Washington.

Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau mengatakan, pemerintahnya akan melarang warga Kanada melakukan semua transaksi keuangan dengan Luhansk dan Donetsk. Kanada juga akan melarang warganya terlibat dalam pembelian utang negara Rusia.

Trudeau mengungkapkan, pemerintahnya akan memberikan sanksi kepada anggota parlemen Rusia yang memilih keputusan untuk mengakui kemerdekaan Donetsk dan Luhansk. Selain itu, Ottawa juga bakal menerapkan sanksi tambahan kepada dua bank Rusia yang didukung negara serta mencegah transaksi keuangan dengan keduanya.

Jerman pun menghentikan proyek pipa gas baru dari Rusia, yakni Nord Stream 2. Rusia telah mengkritik serangkaian sanksi yang dijatuhkan Barat. Selain ketiga negara tersebut, Inggris dan Australia turut menerapkan sanksi terhadap Rusia. Moskow menganggap serangkaian langkah tersebut tidak sah. 

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
وَاَنِ احْكُمْ بَيْنَهُمْ بِمَآ اَنْزَلَ اللّٰهُ وَلَا تَتَّبِعْ اَهْوَاۤءَهُمْ وَاحْذَرْهُمْ اَنْ يَّفْتِنُوْكَ عَنْۢ بَعْضِ مَآ اَنْزَلَ اللّٰهُ اِلَيْكَۗ فَاِنْ تَوَلَّوْا فَاعْلَمْ اَنَّمَا يُرِيْدُ اللّٰهُ اَنْ يُّصِيْبَهُمْ بِبَعْضِ ذُنُوْبِهِمْ ۗوَاِنَّ كَثِيْرًا مِّنَ النَّاسِ لَفٰسِقُوْنَ
dan hendaklah engkau memutuskan perkara di antara mereka menurut apa yang diturunkan Allah, dan janganlah engkau mengikuti keinginan mereka. Dan waspadalah terhadap mereka, jangan sampai mereka memperdayakan engkau terhadap sebagian apa yang telah diturunkan Allah kepadamu. Jika mereka berpaling (dari hukum yang telah diturunkan Allah), maka ketahuilah bahwa sesungguhnya Allah berkehendak menimpakan musibah kepada mereka disebabkan sebagian dosa-dosa mereka. Dan sungguh, kebanyakan manusia adalah orang-orang yang fasik.

(QS. Al-Ma'idah ayat 49)

Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement