Sunday, 29 Safar 1444 / 25 September 2022

Sunday, 29 Safar 1444 / 25 September 2022

 

29 Safar 1444
  • JELANG HUT BHAYANGKARA KE-76,< POLRI MENGADAKAN LOMBA MENEMBAK PATI TNI-POLRI BERSAMA INSAN PERS 10-11 JUNI 2022 DI BRIMOB KELAPA DUA

Ini Keunggulan Bahan Herbal Sebagai Obat Batuk

Jumat 25 Feb 2022 20:27 WIB

Rep: Antara/ Red: Christiyaningsih

Bahan herbal untuk meredakan batuk di antaranya adalah jahe, jeruk nipis, kencur, dan daun mint. (ilustrasi)

Bahan herbal untuk meredakan batuk di antaranya adalah jahe, jeruk nipis, kencur, dan daun mint. (ilustrasi)

Foto: Pixabay
Obat batuk herbal bisa bekerja pada semua jenis batuk ringan

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - Batuk dapat diredakan lewat terapi simptomatik yang bertujuan melegakan jalan napas. Salah satunya dengan mengonsumsi bahan herbal.

 

"Kelebihan obat herbal dalam menangani batuk yakni minim efek samping dan dapat bekerja pada semua jenis batuk ringan," kata Ketua Umum Perkumpulan Dokter Pengembang Obat Tradisional dan Jamu Indonesia (PDPOTJI) Inggrid Tania dalam konferensi pers, Jumat (26/2/2022).

Baca Juga

Batuk dapat diatasi dengan obat yang bersifat antitusif, menekan refleks batuk sehingga mengurangi frekuensi batuk. Sementara obat bersifat ekspektoran berfungsi menstimulasi mukosa saluran napas untuk mengeluarkan lendir, menghasilkan batuk produktif dan mengencerkan dahak. Dengan mengonsumsi obat ini, dahak lebih mudah keluar.

Sementara itu, obat yang bersifat mukolitik dapat menghancurkan struktur dahak yang kental sehingga dahak lebih mudah dikeluarkan. Obat batuk non-herbal pada umumnya hanya menonjolkan satu khasiat, tidak bersifat multikhasiat. Obat non-herbal disebut dapat menimbulkan efek samping seperti kantuk, pusing, gangguan pencernaan seperti mual, muntah, dan konstipasi serta rinorea dan bronkospasme.

"Obat batuk herbal bisa bekerja pada semua jenis batuk ringan, bahannya pada umumnya tidak membuat ngantuk," jelas dia.

Bahan herbal yang dimaksud dalam meredakan batuk di antaranya adalah jahe, jeruk nipis, kencur, dan daun mint. Semuanya ampuh meredakan batuk dan melegakan tenggorokan karena memiliki sifat antitusif yang meredakan dan menekan batuk serta bekerja sebagai ekspektoran yang membantu mengeluarkan dahak dari paru-paru.

Inggrid memaparkan jahe, kencur, dan daun mint memiliki sifat antioksidan, antiinflamasi, dan antinosiseptif yang menenangkan tenggorokan, meredakan nyeri, serta mengurangi peradangan di tenggorokan serta saluran napas bawah yang disebabkan batuk. Jahe dan kencur pun punya sifat antibakteri dan antivirus, serta dapat merangsang pengeluaran air liur, menghambat kontraksi saluran napas, dan merangsang sekresi lendir untuk meredakan batuk.

Keduanya punya sifat antihistamin yang bisa meredakan alergi, termasuk batuk karena alergi. Manfaat lainnya adalah bisa meredakan batuk pada batuk kering serta membantu mengeluarkan dahak pada batuk berdahak.

Jeruk nipis tinggi kandungan vitamin C dan bisa mengatasi batuk kering. Si kecil berwarna hijau ini juga ampuh untuk mengatasi batuk kering dan batuk berdahak. "Herbal asli Indonesia untuk terapi simptomatik yaitu jahe, jeruk nipis, kencur, dan daun mint sudah terbukti aman dan berkhasiat, serta dapat dikombinasikan untuk khasiat optimal," terang Inggrid.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

f

 

 

BERITA LAINNYA

 

 

hide ads show ads
desktop mobile