Sabtu 26 Feb 2022 13:13 WIB

Penjernih Air untuk Warga Malang, Hibah Pemerintah Jepang

Bantuan hibah Grassroots untuk keamanan manusia dari Pemerintah Jepang.

Rep: Kabar Dunia dan Indonesia/ Red: Partner
.
Foto: network /Kabar Dunia dan Indonesia
.

Serah terima fasilitas penjernihan air di Wirotaman, Malang, Jumat (25/2/2022). (Dok. Kedubes Jepang di Jakarta)
Serah terima fasilitas penjernihan air di Wirotaman, Malang, Jumat (25/2/2022). (Dok. Kedubes Jepang di Jakarta)

Diplomasi.Republika.co.id, MALANG -- Kebutuhan masyarakat Malang akan air bersih ditangkap Pemerintah Jepang. Maka, fasilitas penjernih air diserahkan kepada Kabupaten Malang melalui bantuan hibah Grassroots untuk keamanan manusia dari Pemerintah Jepang, Jumat (25/2/2022).

Fasilitas tersebut diserahkan Sekretaris Kedutaan Besar Jepang di Indonesia Kimura Yusuke sebagai wakil Pemerintah Jepang, kepada Bupati Malang Sanusi dan Ketua Yayasan Daya Pertiwi Made Darsana Polak. Acara di Wirotaman, Malang ini menandai pembangunan fasilitas yang usai.

Awalnya, proyek penjernihan air ini ditandatangani Pemerintah Jepang dengan Yayasan Daya Pertiwi pada Maret 2020, bekerja sama dengan Yamaha Motor Co., Ltd,.

Selama ini, masyarakat Malang menggunakan air minum yang mengandung aluminium serta unsur kimia lainnya dari mata air. Akibatnya, air tersebut menimbulkan diare dan masalah kesehatan lainnya.

"Melalui hasil proyek ini kami berharap masyarakat bisa mendapatkan akses air bersih dan aman," kata Kedubes Jepang dalam pernyataan tertutulis yang diterima Diplomasi.Republika.co.id, Jumat

Proyek ini meliputi pengadaan mesin penjernih air Yamaha Motor Co., Ltd, berupa mesin, fasilitas pompa termasuk pipa jarak 300 meter. Berikutnya ada pula pelatihan teknis penggunaan serta pemeliharaan mesin oleh Yamaha Motor Co., Ltd. (yen)

Advertisement