Monday, 7 Rabiul Awwal 1444 / 03 October 2022

Monday, 7 Rabiul Awwal 1444 / 03 October 2022

7 Rabiul Awwal 1444
  • JELANG HUT BHAYANGKARA KE-76,< POLRI MENGADAKAN LOMBA MENEMBAK PATI TNI-POLRI BERSAMA INSAN PERS 10-11 JUNI 2022 DI BRIMOB KELAPA DUA

Manfaat Sholat adalah Penolak Bala, Ini Penjelasan Imam Besar Masjid Istiqlal

Sabtu 26 Feb 2022 17:20 WIB

Rep: Alkhaledi Kurnialam/ Red: Nashih Nashrullah

Ilustrasi sholat. Sholat khusyu akan memberikan dampak bagi yang melaksanakannya

Ilustrasi sholat. Sholat khusyu akan memberikan dampak bagi yang melaksanakannya

Foto: Prayogi/Republika.
Sholat khusyu akan memberikan dampak bagi yang melaksanakannya

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA— Sholat menjadi ibadah yang diturunkan langsung Allah SWT kepada Nabi Muhammad ﷺ tanpa melalui perantara malaikat Jibril. 

Perintah sholat diturunkan kepada Nabi Muhammad ﷺ dalam peristiwa Isra Miraj. Banyak rahasia dan keutamaan dalam ibadah sholat.

Baca Juga

Imam besar Masjid Istiqlal, Prof KH Nasaruddin Umar mengatakan bahwa sholat memiliki rahasia-rahasia yang akan diperoleh bagi orang yang mengerjakannya.  

Sebagaimana menukil keterangan Syekh Ibn Athaillah yang mengatakan bahwa sholat merupakan sarana bermunajat serta sumber pensucian hati. Di dalam sholat terbentang luas medan rahasia Allah dan muncul darinya kilauan cahaya. Allah SWT berfirman:

وَاسْتَعِينُوا بِالصَّبْرِ وَالصَّلَاةِ ۚ وَإِنَّهَا لَكَبِيرَةٌ إِلَّا عَلَى الْخَاشِعِينَ

“Jadikanlah sabar dan sholat sebagai penolongmu. Dan sesungguhnya yang demikian itu sungguh berat, kecuali bagi orang-orang yang khusyu." (QS Al Baqarah ayat 45). 

Prof Nasaruddin Umar mengatakan diantara rahasia sholat adalah menjadi tolak bala. Sejatinya setiap manusia di muka bumi ibarat seperti telur di atas tanduk. Di mana banyak hal yang setiap detik dapat mengancam dan membahayakan kehidupannya. 

Dia menyebutkan misalnya saja potensi terjadinya bencana seperti gempa bumi, gunung meletus, badai topan dan lain sebagainya atau juga manusia sangat rawan sekali difitnah dan lain sebagainya. 

Maka menurut Prof Nasaruddin hal-hal itu semua bisa terhindar ketika seseorang mampu membentengi dirinya dari setiap bencana baik secara zahir maupun batin yakni dengan sholat.  

Baca juga: Mualaf Edy, Takluknya Sang Misionaris di Hadapan Surat Al Ikhlas

"Jadi kita dikepung dengan persoalan. Maka salah satu fungsi ibadah sholat adalah menolak bala. Tidak ada yang bisa menyelamatkan kita selain Allah SWT. Semua punya problem dan tidak ada yang bisa menyelamatkan kecuali Allah. Minta tolong sama Allah dengan sabar dan sholat. Maka dari itu jangan pernah absen sholat. Seandainya bukan karena sholat, bocor semua musibah itu," kata Prof Nasaruddin dalam kajian di Masjid Istiqlal beberapa hari lalu.  

Karena itu Prof Nasaruddin mengajak untuk istiqamah dalam melaksanakan sholat. Dan senantiasa meningkatkan kualitas sholat menjadi kualitas langit. Yakni merasa senang dan nyaman untuk melaksanakan sholat. Sehingga sholat tidak sekedar menggugurkan kewajiaban semata.  

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

f
 

BERITA LAINNYA

 
hide ads show ads
desktop mobile