Ahad 27 Feb 2022 07:29 WIB

Chernobyl, Tragedi Nuklir Terburuk yang Pernah Terjadi

Ledakan reaktor Chernobyl menghasikan zat-zat radioaktif yang masih tersisa hingga kini.

Rep: Murdaningsih/ Red: Partner
.
Foto: network /Murdaningsih
.

Reaktor Chernobyl. (flickr)
Reaktor Chernobyl. (flickr)

MAGENTA -- Pada dini hari tanggal 26 April 1986, Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir (PLTN) Chernobyl di Ukraina (dulu bagian dari Uni Soviet) meledak. Ledakan ini menciptakan apa yang dianggap banyak orang sebagai bencana nuklir terburuk yang pernah ada di dunia.

PLTN Chernobyl terletak sekitar 130 kilometer utara ibukota Ukraina, Kiev, dan sekitar 20 km selatan perbatasan dengan Belarus. PTLN terdiri dari empat reaktor yang dirancang dan dibangun selama tahun 1970-an dan 1980-an. Sebuah reservoir buatan manusia, berukuran sekitar 22 km persegi dan dialiri oleh sungai Pripyat. Sungai itu menjadi sumber air pendingin untuk reaktor.

Pembangkit Chernobyl menggunakan empat reaktor nuklir RBMK-1000 yang dirancang Soviet. Ini adalah sebuah desain reaktor yang sekarang diakui secara universal memiliki 'cacat bawaan'.

Menurut Asosiasi Nuklir Dunia, reaktor RBMK memiliki desain tabung tekanan yang menggunakan bahan bakar uranium dioksida U-235 yang diperkaya untuk memanaskan air, menciptakan uap yang menggerakkan turbin reaktor dan menghasilkan listrik,