Ahad 27 Feb 2022 21:42 WIB

PPKM Luar Jawa-Bali Diperpanjang 1-14 Maret

PPKM level 3 meningkat menjadi 320 kabupaten kota.

Rep: Dessy Suciati S/ Red: Dwi Murdaningsih
Pekerja menyeberang jalan di kawasan Karet Kuningan, Jakarta, Selasa (22/2/2022). Pemerintah masih memperpanjang PPKM level di luar Jawa-Bali mulai 1-14 Maret.
Foto: Antara/Dhemas Reviyanto
Pekerja menyeberang jalan di kawasan Karet Kuningan, Jakarta, Selasa (22/2/2022). Pemerintah masih memperpanjang PPKM level di luar Jawa-Bali mulai 1-14 Maret.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Menteri Koordinator bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menyampaikan, pemerintah masih memperpanjang PPKM level di luar Jawa-Bali mulai 1-14 Maret. Pada PPKM level 1 terdapat 63 kabupaten kota, level 2 di 205 menjadi 63 kabupaten kota, dan level 3 meningkat menjadi 320 kabupaten kota.

“Perpanjangan dilakukan antara 1 sampai 14 Maret di luar Jawa-Bali,” kata Airlangga saat konferensi pers usai rapat terbatas evaluasi PPKM bersama Presiden, Ahad (27/2/2022).

Baca Juga

Airlangga juga menyebut masih ada provinsi yang vaksinasi dosis pertamanya masih di bawah 70 persen, yakni Maluku, Papua, dan Papua Barat. Sedangkan provinsi yang vaksinasi dosis keduanya masih di bawah 50 persen yakni Sulawesi Tengah, Aceh, Sulawesi Barat, Maluku Utara, Papua Barat, Maluku, dan Papua.

Untuk cakupan vaksinasi booster di luar Jawa Bali, pemerintah mencatat masih di bawah 10 persen. Pemerintah juga akan mempercepat cakupan dosis kedua dan lansia agar indikatornya mirip dengan provinsi di Jawa.

Sementara pada kasus konfirmasi harian di luar Jawa-Bali masih mengalami kenaikan. Kasus luar Jawa Bali saat ini pun berkontribusi 31,7 persen dari kasus nasional atau 183.448.

Pemerintah pun memperkirakan sejumlah provinsi yang masih akan mengalami kenaikan kasus yakni Sumatera Utara, Kalimantan Barat, Lampung, Kalimantan Timur, Kepulauan Riau, Sumatera Barat, dan juga Riau. Namun, angka perawatan rumah sakit di daerah tersebut masih di bawah saat gelombang Delta.

“Kemudian beberapa provinsi yang melewati puncak kasus Delta, namun juga puncaknya kelihatan terjadi penurunan yaitu Papua, Kalimantan Selatan, Sulawesi Selatan, Sulawesi Utara, dan Sumatera Selatan,” ujar dia.

 

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
وَذَرِ الَّذِيْنَ اتَّخَذُوْا دِيْنَهُمْ لَعِبًا وَّلَهْوًا وَّغَرَّتْهُمُ الْحَيٰوةُ الدُّنْيَا وَذَكِّرْ بِهٖٓ اَنْ تُبْسَلَ نَفْسٌۢ بِمَا كَسَبَتْۖ لَيْسَ لَهَا مِنْ دُوْنِ اللّٰهِ وَلِيٌّ وَّلَا شَفِيْعٌ ۚوَاِنْ تَعْدِلْ كُلَّ عَدْلٍ لَّا يُؤْخَذْ مِنْهَاۗ اُولٰۤىِٕكَ الَّذِيْنَ اُبْسِلُوْا بِمَا كَسَبُوْا لَهُمْ شَرَابٌ مِّنْ حَمِيْمٍ وَّعَذَابٌ اَلِيْمٌ ۢبِمَا كَانُوْا يَكْفُرُوْنَ ࣖ
Tinggalkanlah orang-orang yang menjadikan agamanya sebagai permainan dan senda gurau, dan mereka telah tertipu oleh kehidupan dunia. Peringatkanlah (mereka) dengan Al-Qur'an agar setiap orang tidak terjerumus (ke dalam neraka), karena perbuatannya sendiri. Tidak ada baginya pelindung dan pemberi syafaat (pertolongan) selain Allah. Dan jika dia hendak menebus dengan segala macam tebusan apa pun, niscaya tidak akan diterima. Mereka itulah orang-orang yang dijerumuskan (ke dalam neraka), karena perbuatan mereka sendiri. Mereka mendapat minuman dari air yang mendidih dan azab yang pedih karena kekafiran mereka dahulu.

(QS. Al-An'am ayat 70)

Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement