Senin 28 Feb 2022 01:35 WIB

Pembalap China tak Ingin Sekadar Pelengkap di Formula 1

Guanyu Zhou akan menjadi pembalap Formula 1 pertama asal China.

Red: Ratna Puspita
Guanyu Zhou akan menjadi pembalap Formula 1 pertama asal China dan dijadwalkan melakoni debut bulan depan.
Foto: EPA-EFE/ALI HAIDER
Guanyu Zhou akan menjadi pembalap Formula 1 pertama asal China dan dijadwalkan melakoni debut bulan depan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Guanyu Zhou akan menjadi pembalap Formula 1 pertama asal China dan dijadwalkan melakoni debut bulan depan. Zhou mengatakan, ia tak ingin menjadi sekedar pelengkap di olahraga balap paling bergengsi di dunia itu.

Pembalap berusia 22 tahun tersebut meneken kontrak dengan tim Alfa Romeo sebagai tandem Valtteri Bottas dan akan menjadi pembalap pertama dari negara berpenduduk 1,4 miliar tersebut saat berjajar di grid balapan pembuka musim di Bahrain pada 20 Maret nanti."Saya tidak ingin berada di Formula 1 hanya demi berada di sini," kata Zhou dalam video presentasi peluncuran livery mobil tim Alfa Romeo, seperti dikutip Reuters, Ahad (27/2/2022).

Baca Juga

"Saya ingin berada di sini untuk membuktikan diri saya, membuat negeri saya bangga, membuat semua yang mendukung saya bangga. Saya ingin tampil baik di Formula 1," kata Zhou, yang menyelesaikan musim Formula 2 tahun lalu di peringkat tiga klasemen.

Kecintaan Zhou terhadap dunia balap muncul saat ia menonton Grand Prix China di Shanghai ketika ia berusia lima tahun pada 2004, yang menyaksikan balapan F1 pertama di negara tersebut. Basis fan F1 di China telah tumbuh sejak itu namun masih terdapat peluang pertumbuhan sangat besar bagi olahraga tersebut di negara yang dipandang sebagai salah satu market utama itu.

F1 pada November juga telah memperpanjang kontrak untuk Grand Prix China hingga 2025. Akan tetapi, China untuk tahun ketiganya secara beruntun akan absen dari kalender menyusul pandemi Covid-19.

Zhou, yang tahun lalu menjadi test driver tim Alpine dan anggota akademi pembalap muda Renault itu, ingin meniru kesuksesan pebasket Yao Ming.  "Menjadi yang pertama tentunya sangat penting," kata dia.

"Ini seperti Yao Ming di NBA. Ketika dia bersinar di NBA, bola basket menjadi olahraga yang besar di negara kami. Itu yang sedang saya coba sekarang."

Alfa Romeo menjadi tim terakhir yang merilis livery mobil 2022 mereka. Sebelumnya, mobil Alfa Romeo C42 telah selesai menjalani sesi tes pramusim di Barcelona pekan ini namun dibalut livery kamuflase.

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
فَخَلَفَ مِنْۢ بَعْدِهِمْ خَلْفٌ وَّرِثُوا الْكِتٰبَ يَأْخُذُوْنَ عَرَضَ هٰذَا الْاَدْنٰى وَيَقُوْلُوْنَ سَيُغْفَرُ لَنَاۚ وَاِنْ يَّأْتِهِمْ عَرَضٌ مِّثْلُهٗ يَأْخُذُوْهُۗ اَلَمْ يُؤْخَذْ عَلَيْهِمْ مِّيْثَاقُ الْكِتٰبِ اَنْ لَّا يَقُوْلُوْا عَلَى اللّٰهِ اِلَّا الْحَقَّ وَدَرَسُوْا مَا فِيْهِۗ وَالدَّارُ الْاٰخِرَةُ خَيْرٌ لِّلَّذِيْنَ يَتَّقُوْنَۗ اَفَلَا تَعْقِلُوْنَ
Maka setelah mereka, datanglah generasi (yang jahat) yang mewarisi Taurat, yang mengambil harta benda dunia yang rendah ini. Lalu mereka berkata, “Kami akan diberi ampun.” Dan kelak jika harta benda dunia datang kepada mereka sebanyak itu (pula), niscaya mereka akan mengambilnya (juga). Bukankah mereka sudah terikat perjanjian dalam Kitab (Taurat) bahwa mereka tidak akan mengatakan terhadap Allah, kecuali yang benar, padahal mereka telah mempelajari apa yang tersebut di dalamnya? Negeri akhirat itu lebih baik bagi mereka yang bertakwa. Maka tidakkah kamu mengerti?

(QS. Al-A'raf ayat 169)

Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement