Senin 28 Feb 2022 15:38 WIB

Pemprov Kalsel Gelar Peringatan Isra Miraj dan Haul Empat Ulama Besar

Paman Birin menyampaikan terima kasih kepada masyarakat yang hadir untuk Isra Mi'raj

Red: Gita Amanda
Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan (Pemprov Kalsel) menggelar peringatan Isra Mi
Foto: Pemprov Kalsel
Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan (Pemprov Kalsel) menggelar peringatan Isra Mi

REPUBLIKA.CO.ID, BANJARMASIN -- Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan (Pemprov Kalsel) menggelar peringatan Isra Mi'raj Nabi Muhammad SAW 1443 H dan Haul 4 ulama besar Kalsel, Ahad (27/2/2022) malam, di Mahligai Pancasila, Banjarmasin.

Peringatan Isra Mi'raj Nabi Muhammad dan Haul 4 ulama besar Kalsel yang dipimpin oleh Pimpinan Madrasah Darussalam Tahfidzh dan Ilmu Alquran, KH Muhammad Wildan Salam berlangsung khitmad dan khusyu. 

Diawali dengan lantunan ayat suci Alquran oleh Dr Muhammad Abduh, kemudian dilanjutkan dengan Dzikir Nasyid, Gubernur Kalsel, H Sahbirin Noor bersama ribuan jamaah yang hadir, larut dalam kekhusyu'an. 

Lantunan dzikir bersama 100 santri Madrasah Darussalam Tahfidzh dan Ilmu Alquran, membuat suasana begitu teduh dan syahdu. 

Gubernur yang akrab disapa Paman Birin menyampaikan terima kasih kepada masyarakat yang berhadir untuk Isra Mi'raj Nabi Muhammad Saw dan Haul 4 ulama besar Kalsel. 

Dengan kerendahan hatinya, Paman Birin juga menyampaikan permohonan maaf, jika dalam pelaksanaannya acara Isra Mi'raj terdapat kekurangan. "Terima kasih ulun sampaikan kepada para jamaah yang berhadir dan mohon maaf jika ada kekurang, semoga kita dan banua senantiasa mendapatkan rahmat dan berkah dari Allah SWT," ucapnya tulus. 

Paman Birin juga mengapresiasi keikutsertaan masyarakat banjar di luar Kalsel, yang juga mengikuti peringatan Isra Mi'raj Nabi Muhammad Saw dan Haul 4 ulama besar Kalsel, secara virtual. 

"Terima kasih kami sampaikan kepada masyarakat banjar yang mengikuti kegiatan ini, seperti di Kaltim, Kalteng, Tembilahan, Jakarta, dan berbagai daerah lainnya di Indonesia," sampainya. 

photo
Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan (Pemprov Kalsel) menggelar peringatan Isra Miraj Nabi Muhammad SAW 1443 H dan Haul 4 ulama besar Kalsel, Ahad (27/2/2022) malam, di Mahligai Pancasila, Banjarmasin. - (Pemprov Kalsel)

 

Sementara KH Wildan Salman dalam tausyiahnya menyampaikan hikmah dan kemuliaan dari Isra Mi'raj Nabi Muhammad Saw, serta kemuliaan 4 ulama besar Kalsel, yaitu Syek Abdul Qadir Hasan, Syekh Seman Mulia, KH Salman Jalil, dan KH Muhammad Zaini bin Abdlu Ghani atau Abah Guru Sekumpul. 

Disampaikan Guru Wildan, diantara kemuliaan dari peristiwa Isra Mi'raj adalah diperintahkannya shalat 5 waktu bagi umat Muslim. 

Selain itu, melalui peristiwa Isra Mi'raj ini pula, Nabi Muhammad SAW meneledankan dirinya sebagai seorang hamba yang taat kepada Allah SWT.

Guru Wildan juga menyampaikan secara singkat, bagaimana peranan dari 4 ulama besar Kalsel, yaitu Syekh Abdul Qadir Hasan, Syekh Seman Mulia, KH Salman Jalil, dan KH Muhammad Zaini bin Abdul Ghani atau Abah Guru Sekumpul bagi pembangunan dan pembinaan umat. 

Turut khyusuk mengikuti rangkaian kegiatan Isra Mi'raj Nabi Muhammad beserta 4 ulama besar Kalsel, Jajaran Ketua DPRD Kalsel H Supian HK, Sekdaprov Roy Rizali Anwar, para Asisten dan Staf Ahli dan seluruh kepala SKPD di lingkungan Pemprov Kalsel.

Kegiatan ini juga menerapkan protokol kesehatan, demi mencegah terjadinya penularan Covid-19. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement