Senin 28 Feb 2022 16:47 WIB

Nggak Mau Kena Wasir? Jangan Terlalu Lama Nongkrong di Kloset!

Hindari wasir dengan tidak berlama-lama duduk di kloset saat buang air besar.

Rep: Desy Susilawati/ Red: Reiny Dwinanda
Kloset. Jangan duduk berlama-lama di kloset saat buang air besar agar terhindar dari wasir.
Foto: Republika/Reiny Dwinanda
Kloset. Jangan duduk berlama-lama di kloset saat buang air besar agar terhindar dari wasir.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Berapa lama waktu yang Anda habiskan saat buang air besar? Menurut dokter, kesalahan umum saat duduk di kloset dapat menyebabkan wasir.

Direktur Sains, Kesehatan, dan Kebugaran di Holland & Barrett, dr Suba M, menjelaskan, kebiasaan buang air besar Anda mungkin perlu dievaluasi ulang untuk menghindari masalah kesehatan. Menurutnya, banyak orang menghabiskan terlalu banyak waktu di toilet saat mengosongkan isi perut mereka.

Baca Juga

Dari menggulir media sosial hingga membaca koran, aktivitas itu membuat banyak orang cenderung duduk di kloset lebih lama dari yang diperlukan. Padahal, ini berpotensi berbahaya.

"Saya tahu banyak orang yang cenderung membaca di toilet, tapi cobalah untuk mengosongkan isi perut Anda dan lalu beranjak dari sana," kata dr Suba, seperti dilansir laman Express.co.uk, Senin (28/2/2022).

Dr Suba menyarankan untuk tidak terlalu lama duduk di kloset karena justru bisa menyebabkan wasir. Wasir adalah benjolan yang terletak di dalam dan di sekitar bokong.

Berita baiknya adalah benjolan ini cenderung membaik dengan sendirinya setelah beberapa hari. Terlebih lagi, ada banyak hal yang dapat Anda lakukan untuk mencegah wasir, termasuk mengurangi tekanan saat waktu buang air kecil (bak) maupun buang air besar (bak).

Kesehatan usus dan cara buang air besar yang sehat adalah salah satu hal yang direkomendasikan oleh Nation Health Service (NHS) untuk mengurangi risiko Anda terkena wasir. Ketika berbicara tentang diet, hal lain yang perlu diingat adalah menghindari asupan alkohol dan kafein untuk menghindari sembelit.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement