Selasa 01 Mar 2022 05:20 WIB

Isra Miraj Mengandung Makna Persatuan Umat Manusia

Isra Miraj memiliki kaitan yang erat dengan makna persatuan bagi umat manusia.

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Agung Sasongko
Ilustrasi Isra Miraj.
Foto: Republika/Thoudy Badai
Ilustrasi Isra Miraj.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Mantan Mufti Mesir, Syekh Dr Ali Jum'ah menyampaikan, Isra Miraj memiliki kaitan yang erat dengan makna persatuan bagi umat manusia. Menurutnya, ini menjadi puncak dari makna Isra Miraj.

"Umat manusia adalah satu bangsa. Dan ini adalah puncak makna dari peristiwa Isra Miraj. Yaitu ketika Rasul kita, bertemu saudara-saudaranya dari para Nabi yang lain. Mereka melakukan sholat di mana Nabi SAW memimpinnya," tutur dia seperti dilansir laman Elbalad, Senin (28/2/2022).

Baca Juga

Itu menjadi tanda bahwa umat manusia mengikuti seluruh nabi dan beriman kepadanya dengan mengikuti nabi terakhir yang dalam hal ini adalah Nabi Muhammad SAW. Ingatlah bahwa Allah SWT menjadikan umat manusia itu satu, sejak Nabi Adam AS sampai sekarang.

"Dan (ingatlah), ketika Allah mengambil perjanjian dari para nabi, “Manakala Aku memberikan kitab dan hikmah kepadamu lalu datang kepada kamu seorang Rasul yang membenarkan apa yang ada pada kamu, niscaya kamu akan sungguh-sungguh beriman kepadanya dan menolongnya.” Allah berfirman, “Apakah kamu setuju dan menerima perjanjian dengan-Ku atas yang demikian itu?” Mereka menjawab, “Kami setuju.” Allah berfirman, ”Kalau begitu bersaksilah kamu (para nabi) dan Aku menjadi saksi bersama kamu." (QS Ali Imran ayat 81)

Dalam hadits dari Abu Hurairah, disebutkan, Rasulullah SAW bersabda, "Perumpamaanku dengan nabi-nabi sebelumku seperti seseorang yang membangun suatu rumah lalu dia membaguskannya dan memperindahnya kecuali ada satu labinah (tempat lubang batu bata yang tertinggal belum diselesaikan) yang berada di dinding samping rumah tersebut.

Lalu manusia mengelilinginya dan mereka terkagum-kagum sambil berkata, 'Duh seandainya ada orang yang meletakkan labinah (batu bata) di tempatnya ini.' Beliau bersabda, "Maka akulah labinah itu dan aku adalah penutup para nabi." (HR Bukhari)

Sumber: https://www.elbalad.news/5181303

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement