Selasa 01 Mar 2022 09:12 WIB

Pakar Ungkap Penyebab Kelangkaan Minyak Goreng

Salah satu penyeba minyak goreng langka karena produsen ada di beberapa daerah saja.

Rep: Dadang Kurnia/ Red: Andi Nur Aminah
Pekerja menata jeriken minyak goreng di agen penjualan minyak goreng (ilustrasi)
Foto: Prayogi/Republika.
Pekerja menata jeriken minyak goreng di agen penjualan minyak goreng (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA -- Pakar ekonomi Universitas Airlangga (Unair) Rossanto Dwi Handoyo mengungkapkan beberapa faktor penyebab kelangkaan minyak goreng. Menurutnya, salah satu faktor kelangkaan minyak goreng karena produsen hanya ada di beberapa daerah saja. Sedangkan proses distribusi minyak goreng dilakukan ke berbagai daerah di Indonesia. Hal tersebut menyebabkan kenaikan harga distribusi.

"Berkaitan dengan logistik, harga kontainer saat ini lebih mahal dari sebelumnya. Shipping atau perkapalan juga mengalami kenaikan harga. Faktor itu mendorong harga kebutuhan minyak goreng mengalami kenaikan," kata Rossanto, Selasa (1/3/2022).

Baca Juga

Penyebab lainnya adalah kenaikkan harga CPO (crude palm oil) yang merupakan salah satu jenis minyak nabati yang paling banyak diminati masyarakat dunia. Saat ini harga CPO di pasar dunia sedang mengalami kenaikan harga dari 1.100 dolar AS menjadi 1.340 dolar AS.

Akibat kenaikan CPO, kata dia, produsen minyak goreng lebih memilih menjual minyak goreng ke luar negeri dibandingkan ke dalam negeri. “Produsen akan mendapatkan keuntungan yang lebih besar apabila menjual minyak goreng ke luar negeri,” ujarnya.