Rabu 02 Mar 2022 05:13 WIB

Satgas Minta Penurunan Kasus Dipertahankan

Meski kasus positif turun 10 hari terakhir, kematian akibat Covid-19 masih naik.

Rep: Dessy Suciati Saputri, Dian Fath Risalah/ Red: Ratna Puspita
Juru Bicara Pemerintah untuk  Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito.
Foto: ANTARA/Akbar Nugroho Gumay
Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Juru Bicara Pemerintah Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito menyampaikan, kondisi kasus di Indonesia saat ini mulai menunjukan sedikit penurunan setelah sebelumnya mengalami lonjakan tajam yang lebih tinggi dari gelombang Delta. Wiku meminta agar penurunan kasus positif ini harus terus dipertahankan.

“Kasus positif yang mulai menunjukan penurunan harus terus dipertahankan untuk terus turun dan jangan sampai naik lagi,” ujar Wiku saat konferensi pers, dikutip pada Rabu (2/3/2022).

Baca Juga

Meskipun mengalami tren penurunan kasus nasional, Satgas mencatat masih ada 19 provinsi di Indonesia yang mengalami kenaikan kasus. Karena itu, Wiku pun meminta kepala daerah setempat agar terus memonitor daerahnya masing-masing.

“Selain itu, cakupan vaksinasi dosis yang sedikit lagi mencapai 70 persen harus terus ditingkatkan semaksimal mungkin dan juga terus mengejar cakupan vaksin booster,” tambah Wiku.

Wiku juga mendorong masyarakat agar segera melakukan vaksinasi dosis kedua. Ia pun meminta pemerintah daerah untuk terus meningkatkan pengawasan protokol kesehatan di fasilitas publik maupun di tingkat terkecil yakni desa atau kelurahan melalui pembentukan posko PPKM Mikro.

Sebelumnya, Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 Kemenkes, Siti Nadia Tarmizi mengatakan, kasus positif Covid-19 di Indonesia mengalami tren penurunan dalam 10 hari terakhir. Namun, kasus kematian akibat Covid-19 masih meningkat meskipun jumlahnya lebih rendah dibandingkan saat gelombang Delta tahun lalu.

“Belajar dari pengalaman negara lain yang sudah melewati kasus puncak, dibutuhkan waktu kurang lebih 15 hari untuk (sampai) puncak (angka) kematian terjadi setelah puncak kasus konfirmasi harian," kata Nadia di Jakarta, Selasa (1/3/2022).

Nadia memerinci, 14 provinsi tercatat mengalami penurunan kasus Covid-19 dalam satu pekan terakhir. Ke-14 provinsi itu di antaranya adalah DKI Jakarta, Banten, Jawa Barat, Jawa Timur, Bali Nusa Tenggara Barat, Maluku, Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah, Sulawesi Utara, Sumatera Selatan, Sulawesi Tenggara, Papua dan Papua Barat.

Kasus Covid-19 di 6 provinsi, lanjut Nadia, juga mulai melandai dalam satu pekan terakhir. Keenam provinsi itu adalah Jawa Tengah, Sumatera Utara, Sulawesi Selatan, Sumatera Barat, Gorontalo, Bengkulu dan Lampung.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement