Dukung Pengembangan SDM, Blibli Gelar Hari Seluruh Karyawan Belajar Tanpa Batas
Red: Fernan Rahadi
Blibli (ilustrasi) | Foto: blibli.com
REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Berkomitmen dalam menghadirkan pengalaman ekosistem berbelanja memuaskan, talenta sumber daya manusia menjadi salah satu kunci keberlanjutan bisnis. Melanjutkan upaya untuk menghadirkan learning environment berkelanjutan, Blibli menggelar Bliblioneers Learning Day (BOLD) 2 secara virtual pada 25 Februari 2022.
Pada tahun kedua penyelenggaraannya, festival belajar bertajuk "Beyond All Limits" ini merangkum komitmen nyata Blibli dalam memastikan dan mendukung pengembangan diri segenap karyawan Blibli, termasuk tenaga magang dan outsourcing untuk sigap menghadapi tantangan ekonomi digital yang sangat kompetitif dan tumbuh dengan cepat.
Executive Vice President People Operations and General Services Blibli. Sandra Kumalasari, mengatakan, pihaknya mengetahui bahwa saat ini, industri e-commerce berkontribusi sebesar 34 persen dalam perkembangan ekonomi digital.
"Berangkat dari hal tersebut, kami berkomitmen untuk menyiapkan Bliblioneers dalam menghadapi tantangan dan berkontribusi dalam memajukan ekonomi digital Indonesia. Dalam program BOLD 2 ini, Bliblioneers diberikan kesempatan setara untuk mempelajari hard skill dan soft skill terkini dari pembicara berkualiitas dan ahli di bidangnya. Kami berharap akan lahir lebih banyak pemimpin masa depan dan mentor terbaik di bidangnya yang akan menjadi mesin penggerak keberlanjutan bisnis kami," katanya.
Berkomitmen untuk menghadirkan festival virtual learning setiap enam bulan sekali bagi setiap karyawan untuk berkembang. BOLD 2 hadir dalam lima segmen, yakni bisnis, kepemimpinan, operasional, teknologi, dan pengembangan diri. Menurut data yang dirilis oleh Bank Dunia, saat ini Indonesia dinyatakan defisit tenaga kerja di sektor digital sebanyak 600 ribu tiap tahunnya , festival ini diharapkan mendorong lahirnya talenta dengan kualitas bersaing untuk berkontribusi lebih besar pada sektor ekonomi digital.
Kali ini BOLD menghadirkan 17 pembicara kompeten dari dalam dan luar negeri, mulai dari dari para pemimpin industri, pembuat kebijakan, hingga selebritas. Di antaranya adalah penulis buku The Values Compass Dr Mandeep Kaur Rai, peneliti senior pada program Pengembangan Vaksin Astrazeneca di Universitas Oxford, Dr Carine Joe, Prof Jonathan Reynolds selaku Academic Director of Oxford Institute of Retail Management, Kuntoro Mangkusubroto yang merupakan mantan Menteri Pertambangan, ketua UKP4 dan CEO PLN, Shriganesh dan Patriush Singh dari Quinbay, dan hingga duet Erwin Parengkuan dan Becky Tumewu dari Talkinc.
Sandra menambahkan, didirikan pada tahun 2011, ekosistem teknologi dan bisnis Blibli terus berkembang hingga kini mencakup sektor business to consumer (B2C), business to business (B2B), business to business to consumer (B2B2C), dan business to government (B2G). Saat ini Blibli memiliki lebih dari 1.600 karyawan yang tersebar di beberapa kota di Indonesia, Jabodetabek, Bandung, Semarang, Solo, Yogyakarta, Surabaya, Bali, Makassar dan Medan.
"Sebagai perusahaan e-commerce terpercaya di Indonesia, Blibli akan terus meningkatkan kemampuan Bliblioneers yang didominasi kaum muda agar selalu kompeten dan terdepan dalam memberikan Customer Satisfaction First," kata Sandra.