Kamis 03 Mar 2022 12:00 WIB

Harta Benda Raja Tutankhamun Dipindahkan ke Aula Museum Besar Mesir

Museum Besar Mesir menerima koleksi harta Raja Tutankhamun.

Rep: Dessy Susilawati/ Red: Muhammad Hafil
Sebuah sarkofagus Raja Tutankhamun dipajang di Museum Barang Antik Mesir.
Foto: google.com/EPA
Sebuah sarkofagus Raja Tutankhamun dipajang di Museum Barang Antik Mesir.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA-Para arkeolog Museum Agung Mesir telah selesai memindahkan semua harta benda raja emas Tutankhamun dari pusat restorasi di museum ke aula khusus. Aula ini didedikasikan untuk memamerkan seluruh koleksi.

Dilansir dari Egypt Today, Selasa (3/1/2022), ini akan menjadi pertama kalinya artefak Tutankhamun ditampilkan bersama di satu tempat. Lebih dari 5.000 artefak milik Raja Tutankhamun akan dipamerkan di area seluas 7.000 meter.

Baca Juga

Para arkeolog Museum Besar Mesir saat ini sedang menerapkan skenario tampilan semua barang milik Raja Tutankhamun yang berada di aula yang ditunjuk saat ini. Hanya beberapa artefak milik Raja Tutankhamun yang tetap disimpan di Museum Mesir di Tahrir. Barang tersebut akan dipindahkan ke Museum Besar Mesir tepat sebelum peresmian museum karena tidak memerlukan upaya restorasi dan dapat langsung ditampilkan.

Tutankhamun adalah salah satu firaun dari Dinasti Kedelapan Belas dalam sejarah Mesir kuno. Dia adalah Firaun Mesir dari 1334 hingga 1325 SM, di era Kerajaan Baru.

Baru-baru ini, Kementerian Pariwisata dan Purbakala mengumumkan bahwa lebih dari 4.700 artefak dari harta Raja Tutankhamun dipasang di dalam 86 pajangan pajangan.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement