Okupansi Pelanggan PT KAI Pada Hari Raya Nyepi Terpantau Normal 

Rep: Wilda Fizriyani/ Red: Fernan Rahadi

Kereta komuter PT KAI (ilustrasi)
Kereta komuter PT KAI (ilustrasi) | Foto:

REPUBLIKA.CO.ID, MALANG -- Okupansi pelanggan KA di wilayah Daop 8 Surabaya pada momen Hari Raya Nyepi terpantau normal. Tidak ada kenaikan penumpang yang siginifikan pada perayaan yang jatuh pada 3 Maret 2022.

Manager Humas PT KAI Daop 8 Surabaya, Luqman Arif mengatakan, pada periode tanggal 2 sampai 6 Maret 2022, KAI Daop 8 Surabaya mengoperasikan 35 KA jarak jauh. "Dan dengan jumlah kapasitas tempat duduk sebanyak 15.391 per hari," kata Luqman saat dikonfirmasi Republika, Rabu (2/3/2022).

Menurut Luqman, pelanggan KA di Daop 8 pada Rabu (2/3/2022) masih didominasi oleh penumpang KA lokal. Berdasarkan catatan PT KAI Daop 8 Surabaya, total ada 17.515 pelanggan per hari. Jumlah ini terdiri atas 13.445 pelanggan KA lokal dan 4.070 pelanggan KA jarak jauh.

Adapun KA jarak jauh yang beroperasi di Daop 8 antara lain KA Argo Bromo Anggrek (relasi Surabaya Pasarturi - Gambir PP), KA Airlangga (relasi Surabaya Pasarturi - Pasar Senen PP), KA Ambarawa Ekspres (relasi Surabaya Pasarturi - Semarang Poncol PP) dan KA Gumarang (relasi Surabaya Pasarturi - Pasar Senen PP). Kemudian KA Harina (relasi Surabaya Pasarturi - Bandung PP), KA Sembrani (relasi Surabaya Pasarturi - Gambir PP), KA Sembrani Tambahan (relasi Surabaya Pasarturi - Gambir PP) dan KA Kertajaya (relasi Surabaya Pasarturi - Pasar Senen PP). Ada pula KA Dharmawangsa tujuan Pasarsenen (relasi Surabaya Pasarturi - Pasar Senen PP).

Selanjutnya, KA yang melakukan keberangkatan dari Surabaya Gubeng antara lain KA Probowangi (relasi Surabaya Gubeng - Ketapang PP), KA Pasundan (relasi Surabaya Gubeng - Bandung Kiaracondong PP) dan KA Argo Wilis (relasi Surabaya Gubeng - Bandung PP). Selanjutnya, KA Ranggajati (relasi Jember - Surabaya Gubeng - Cirebon PP), KA Sancaka (relasi Surabaya Gubeng - Yogyakarta PP), KA Logawa (relasi Jember - Surabaya Gubeng - Purwokerto PP), KA Gaya Baru Malam Selatan (relasi Surabaya Gubeng - Pasar Senen PP) dan KA Sritanjung (relasi Ketapang - Surabaya Gubeng - Yogyakarta PP). Lalu KA Jayakarta Premium (relasi Surabaya Gubeng - Pasar Senen PP), KA Sancaka Fakultatif (relasi Surabaya Gubeng - Cirebon PP), KA Bima (relasi Surabaya Gubeng - Gambir PP), KA Wijayakusuma (relasi Ketapang - Surabaya Gubeng - Cilacap PP) dan KA Mutiara Selatan (relasi Surabaya Gubeng - Bandung PP).

Selain itu, KA yang melakukan keberangkatan dari Malang antara lain KA Tawangalun (relasi Malang - Ketapang PP), KA Kertanegara (relasi Malang - Purwokerto PP) dan KA Matarmaja (relasi Malang - Pasar Senen PP). Kemudian KA Jayabaya (relasi Malang - Surabaya - Pasar Senen PP), KA Gajayana (relasi Malang - Gambir PP), KA Brawijaya (relasi Malang - Gambir PP) dan KA Malabar (relasi Malang - Bandung PP).

Luqman Arif juga memastikan seluruh pelanggan KA jarak jauh telah memenuhi persyaratan yang telah ditetapkan oleh pemerintah. Dalam hal ini sesuai Surat Edaran (SE) Kementerian Perhubungan RI (Kemenhub) Nomor 97 tahun 2021.

Beberapa aturan yang dimaksud antara lain pelanggan usia 12 tahun ke atas wajib vaksin (minimal dosis pertama). Berikutnya, seluruh pelanggan (tanpa batasan usia) wajib memiliki bukti pemeriksaan antigen (1x24 jam) atau RT-PCR (3x24 jam) dengan hasil negatif. Lalu anak usia di bawah 12 tahun wajib didampingi orang tua.

Menurut Luqman, pelanggan dapat menggunakan layanan rapid-test antigen di 11 stasiun yang disediakan oleh KAI Daop 8. Sejumlah stasiun tersebut, yakni Stasiun Surabaya Pasarturi, Surabaya Gubeng, Malang dan Lamongan. Kemudian juga stasiun Wlingi, Sidoarjo, Mojokerto, Bojonegoro, Wonokromo, Kepanjen, dan Babat. "Kami mengimbau kepada pelanggan yang akan melaksanakan Rapid-test antigen di stasiun, agar meluangkan waktu setidaknya 2 jam sebelum keberangkatan KA," kata dia menambahkan.

Terkait


Suasana Liburan di Taman Mini Indonesia Indah

Kondisi Kemacetan Lalu Lintas di Kawasan Puncak

Penumpang Kereta Daop 8 Terpantau Normal Saat Libur Nyepi

KRL Yogyakarta-Solo Layani Lebih 2,2 Juta Pengguna

Pemkot Madiun Gandeng KAI dan INKA Bangun Wisata Kuliner Konsep Kereta

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan DIY, Jawa Tengah & Jawa Timur. Jalan Perahu nomor 4 Kotabaru, Yogyakarta

Phone: +6274566028 (redaksi), +6274544972 (iklan & sirkulasi) , +6274541582 (fax),+628133426333 (layanan pelanggan)

[email protected]

Ikuti

× Image
Light Dark