Kamis 03 Mar 2022 18:45 WIB

Harga Cabai Hingga Daging Sapi di Pasar Ciputat Tinggi Jelang Ramadhan

Harga daging sapi belum turun meski ada mogok pedagang

Rep: Eva Rianti / Red: Nur Aini
Salah satu stok minyak goreng yang dipajang penjual di Pasar Ciputat, Kota Tangerang Selatan (Tangsel), Provinsi Banten, Jumat (25/2/2022).
Foto: Republika/Eva Rianti
Salah satu stok minyak goreng yang dipajang penjual di Pasar Ciputat, Kota Tangerang Selatan (Tangsel), Provinsi Banten, Jumat (25/2/2022).

REPUBLIKA.CO.ID, TANGERANG SELATAN -- Sejumlah komoditas di Pasar Ciputat mengalami kenaikan jelang Ramadhan. Komoditas itu di antaranya harga cabai rawit merah hingga komoditas daging sapi. 

Roni, seorang pedagang daging sapi di Pasar Ciputat mengatakan, harga daging sapi saat ini berkisar di angka Rp130 ribu per kg. Angka tersebut mengalami kenaikan Rp10 ribu dari harga normal sebelumnya. 

Baca Juga

"Harga daging sapi Rp130 ribu per kg dari harga normal Rp120 ribu per kg," ujar Roni di Pasar Ciputat, Kamis (3/3/2022). 

Roni menuturkan, tidak terjadi perubahan harga pasca-aksi mogok atau demo yang dilakukan pedagang daging sapi se-Jabodetabek pada Senin (28/2) hingga Rabu (2/3) lalu. Aksi mogok itu diketahui dilakukan sebagai bentuk protes atas tingginya harga daging sapi belakangan ini. 

"Tidak ada perubahan (harga) sejak demo tiga hari lalu itu. Masih di angka Rp130 ribu saja. Berharapnya sih pemerintah bisa nurunin," tuturnya. 

Tak jauh dari lapak daging sapi, terpantau harga cabai rawit di Pasar Ciputat merangkak naik. Sikem (55), salah satu pedagang menuturkan adanya kenaikan pada sejumlah komoditas yang dijajakannya. 

"Harga cabai rawit merah Rp75 ribu sampai Rp80 ribu per kg. Naik dari dua atau tiga hari yang lalu yang harganya Rp50 ribu sampai Rp55 ribu per kg," kata dia. 

Selain cabai rawit merah, cabai keriting merah juga mengalami kenaikan sekitar Rp10 ribu sampai Rp15 ribu per kg. Sekarang harganya bergerak di angka Rp50 ribu per kg dari sebelumnya sekitar Rp35 ribu hingga Rp40 ribu per kg. 

"Terus, bawang merah sekarang Rp35 ribu per kg modal saya, saya jualnya Rp40 ribu per kg, kalau yang dibersihin Rp45 ribu per kg. Harga sebelumnya modalnya Rp25 ribu, dijualnya Rp35 ribu per kg. Kenaikannya sudah seminggu ini," ungkapnya. 

Sementara itu, Sikem melanjutkan, harga cabai rawit hijau yang dijualnya cenderung bergerak normal, yakni di harga sekitar Rp35 ribu per kg.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement