Jumat 04 Mar 2022 09:12 WIB

Samuel L Jackson Masih Gusar tidak Dapat Oscar dari Pulp Fiction

Samuel L Jackson menyebut, aktor kulit hitam selalu tersisih di industri film.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Reiny Dwinanda
Aktor pemeran Nick Fury di film produksi Marvel, Samuel L Jackson, belum pernah diganjar Piala Oscar selama kariernya.
Foto: AP
Aktor pemeran Nick Fury di film produksi Marvel, Samuel L Jackson, belum pernah diganjar Piala Oscar selama kariernya.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Aktor kondang Samuel L Jackson masih gusar karena tidak pernah meraih Piala Oscar. Ia menyebut, penghargaan tertinggi untuk insan film di Amerika Serikat itu setidaknya bisa didapatkannya ketika main Pulp Fiction pada 1994.

Dalam film kriminal yang disutradarai Quentin Tarantino itu, Jackson memerankan Jules Winnfield, seorang pembunuh bayaran. Dinominasikan sebagai Aktor Pendukung Terbaik, Jackson kalah dari Martin Landau.

Baca Juga

"Seharusnya saya yang memenangkan itu," kata pemeran Mace Windu dalam Star Wars Episode I: The Phantom Menace itu, seperti dilansir Film News, Kamis (3/3/2022).

Jackson kemudian mengaitkan ini dengan rasisme, di mana menurutnya aktor kulit hitam selalu tersisih di industri film. Pemeran Nick Fury di berbagai film Marvel itu juga mengatakan bahwa dia pantas mendapatkan nominasi Aktor Pendukung Terbaik untuk film Jungle Fever (1991) sebanyak Harvel Keitel dan Ben Kingsley untuk film gangster Bugsy.

"Kurasa orang kulit hitam biasanya menang karena melakukan hal jahat di layar. Seperti Denzel (Washington) karena menjadi polisi yang mengerikan di Training Day. Jadi mungkin saya seharusnya memenangkan satu (piala Oscar)," kata aktor The Hitman Bodyguard ini.

Terlepas dari itu, Jackson mencatat bahwa sekalipun mendapat Oscar,  honor aktor tidak akan bertambah karena penentuannya didasarkan pada pendapatan box office. Sejauh ini, Jackson adalah aktor berpenghasilan tertinggi sepanjang masa.

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
وَاِذَا تُتْلٰى عَلَيْهِمْ اٰيٰتُنَا بَيِّنٰتٍ قَالُوْا مَا هٰذَآ اِلَّا رَجُلٌ يُّرِيْدُ اَنْ يَّصُدَّكُمْ عَمَّا كَانَ يَعْبُدُ اٰبَاۤؤُكُمْ ۚوَقَالُوْا مَا هٰذَآ اِلَّآ اِفْكٌ مُّفْتَرًىۗ وَقَالَ الَّذِيْنَ كَفَرُوْا لِلْحَقِّ لَمَّا جَاۤءَهُمْۙ اِنْ هٰذَآ اِلَّا سِحْرٌ مُّبِيْنٌ
Dan apabila dibacakan kepada mereka ayat-ayat Kami yang terang, mereka berkata, “Orang ini tidak lain hanya ingin menghalang-halangi kamu dari apa yang disembah oleh nenek moyangmu,” dan mereka berkata, “(Al-Qur'an) ini tidak lain hanyalah kebohongan yang diada-adakan saja.” Dan orang-orang kafir berkata terhadap kebenaran ketika kebenaran (Al-Qur'an) itu datang kepada mereka, “Ini tidak lain hanyalah sihir yang nyata.”

(QS. Saba' ayat 43)

Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement