Jumat 04 Mar 2022 12:39 WIB

Rilis Album Manusia, Tulus Perlihatkan Perkembangan Musikalitas dalam 10 Lagu Baru

Tulus merilis album Manusia berisi 10 lagu pada Jumat (4/3/2022).

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Reiny Dwinanda
Tulus merilis album barunya berjudul Manusia. Album kelimanya itu berisi 10 lagu yang memperlihatkan perkembangan musikalitasnya.
Foto: TulusCompany
Tulus merilis album barunya berjudul Manusia. Album kelimanya itu berisi 10 lagu yang memperlihatkan perkembangan musikalitasnya.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Musisi Tulus akhirnya memperkenalkan Manusia, album baru yang telah ditunggu-tunggu penggemarnya. Album berisi 10 lagu itu hadir menyusul Monokrom yang diluncurkan Tulus pada 2016.

"Album ini bercerita tentang kita, manusia, dinamisnya ragam rasa manusia. Mudah-mudahan semua lagu dalam album ini bisa memberi opsi rangkuman segala dinamisnya rasa yang dikemas dengan indah," kata Tulus pada konferensi pers virtual, Jumat (4/3/2022).

Baca Juga

Lagu "Tujuh Belas" mengawali album sebagai single pertama. Lantunannya membawa pendengar ke deretan tembang lain, yakni "Kelana", "Remedi", "Interaksi", "Ingkar", "Jatuh Suka", "Nala", "Hati-Hati di Jalan", "Diri", dan "Satu Kali".

Tulus menyampaikan, ada banyak cerita yang menjadi inspirasi penulisan tiap lagu di album kelimanya. Sumber inspirasi pembuatan lagu ada yang berasal dari hal yang dia alami, dia lihat, maupun interaksi dengan orang lain.

Semua lagu tidak perlu didengarkan secara berurutan, tergantung cara menikmati setiap orang. Seperti apapun caranya, Tulus berharap lagu-lagu dalam album bisa menemani dan membesarkan hati para pendengarnya.

Dalam penggarapan album, Tulus bekerja sama dengan produser Ari Renaldi. Musisi 34 tahun itu juga menulis lagu bersama Dere, Petra Sihombing, Topan Abimanyu, dan Yoseph Sitompul.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement