Ahad 06 Mar 2022 10:51 WIB

Review Film Drive My Car, Nominasi Oscar 2022 Tayang di Indonesia

Film Jeoang Drive My Car tayang di Indonesia.

Rep: viva.co.id/ Red: viva.co.id
Film Drive My Car
Film Drive My Car

VIVA – Film Drive My Car menjadi sorotan setelah mencatat rekor sebagai film Jepang pertama yang masuk nominasi kategori Best Picture di Piala Oscar 2022.

Setelah kemenangan film asal Korea Selatan berjudul Parasite, yang sukses meraih penghargaan pada ajang Oscar 2020, kali ini Asia kembali memberikan film terbaik di ajang Oscar 2022.

Drive My Car meraih empat nominasi Oscar, termasuk kategori Best Picture, Best Director, Best Adapted Screenplay dan Best International Film. Drive My Car merupakan film asal Jepang bergenre drama yang dirilis pada tahun 2021.

Film tersebut ditulis dan disutradarai oleh Ryusuke Hamaguchi dan merupakan adaptasi dari salah satu judul di dalam cerita pendek karya penulis Haruki Murakami, berjudul Men Without Women.

Berdasarkan keterangan tertulis yang diterima VIVA, film Drive My Car berkisah tentang kehidupan seorang aktor dan sutradara panggung yang terkenal, Yusuke Kafuku (Hidetoshi Nishijima).

Sepulang bekerja, ia menemukan istrinya, Oto Kafuku (Reika Kirishima), sudah pingsan hingga kemudian dinyatakan meninggal akibat pendarahan otak. Hidupnya yang semula damai, kemudian berubah.

Film Drive My Car dibuka dengan adegan ranjang dengan narasi indah yang disuarakan Oto. Keduanya saling memadu kasih dalam gelap. Sepertinya, sutradara ingin memberi tahu keintiman dari pasangan tersebut.

Cerita dalam flm ini berjalan dengan dinamis, bahkan seringkali lambat. Dengan jelas memperlihatkan scene demi scene di mana masing-masing karakter berbicara mengenai apa yang telah mereka alami.

Seperti Misaki yang menjelaskan tentang ibunya, atau pada saat Koji menceritakan tentang bagaimana ia mengenal Oto. Tidak ada flashback maupun adegan yang menggambarkan masa lalu.

Hamagachi fokus pada penggambaran melalui dialog yang dilakukan oleh karakternya. Bagaimana setiap tokoh menceritakan persepsi mereka atas kejadian-kejadian yang menimpa mereka.

Film Drive My Car menghadirkan cerita yang berbalut misteri, cinta, kehilangan, dan penerimaan. Selain Hidetoshi Nishijima, Toko Miura, dan Reika Kirishima, film ini turut dibintangi oleh Masaki Okada.

Drive My Car menorehkan rekor sebagai film Jepang pertama yang dinominasikan untuk kategori Best Picture. Sedangkan Hamaguchi merupakan sutradara Jepang ketiga yang masuk nominasi, mengikuti Hiroshi Teshigahara pada tahun 1965 dan Akira Kurosawa 20 tahun kemudian.

Buat para penikmat film Indonesia, bersiapkah, karena film Drive My Car sudah bisa disaksikan secara resmi di platform streaming KlikFilm.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement