Senin 07 Mar 2022 17:55 WIB

Sandiaga Harap Karya Sineas Daerah Jadi Kebanggaan Perfilman Nasional

Sandiaga Uno berharap karya sineas daerah menjadi kebanggaan perfilman nasional.

Red: Bilal Ramadhan
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno berharap karya sineas daerah bisa menjadi kebanggaan perfilman nasional.
Foto: Prayogi/Republika
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno berharap karya sineas daerah bisa menjadi kebanggaan perfilman nasional.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno mengharapkan film pendek karya sineas daerah mampu bersaing dan menjadi kebanggaan dalam industri perfilman Indonesia.

"Ini menjadi suatu kebangkitan ekonomi kitadan saya yakin ini akan membuka peluang usaha dan lapangan kerja," ujar Sandiaga.

Baca Juga

Dalam kesempatan tersebut, ia mengajak para sineas kreatif untuk aktif memproduksi film-film inspiratif agar dapat diikutsertakan dalam program Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatifyakni Family Sunday Movie (FSM).

Menurut Sandi, program itu disediakan khusus para sineas daerah guna menyalurkan ide dan gagasan kreatif dalam bentuk produk digital, yaitu film pendek.

"Perfilman ini membuka peluang kreativitas anak-anak muda dan membuka lapangan kerja yang luas. Dalam satu film ini saja sudah membuka lapangan kerja bagi 60 orang, baik itu kru film, pemeran film, dan pegawai kerupuk Pak Haji Eman (pemilik pabrik Kerupuk Idaman)," ujar dia.

Melalui film pendek, diharapkan dapat mengangkat kearifan lokal, usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM), serta segala potensi yang dimiliki Majalengka.

"Yang paling menarik (dalam film ini) karena mengangkat kerupuk sebagai kearifan lokal yang sering dijumpai pada keseharian," kata dia.

Film berjudul "Kerupuk" ini disebut akan berpartisipasi dalam FSM pada bulan-bulan berikutnya. Sandi meyakini peluang industri film Indonesia untuk masuk ke dalam layanan over the top/OTT (layanan konten melalui jaringan internet) seperti Netflix, Disney, dan Vidio akan sangat terbuka.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement