Senin 07 Mar 2022 17:58 WIB

Hore! Naik Kereta Api tak Perlu Lampirkan Tes Antigen dan PCR Lagi Asal Sudah Vaksin Lengkap

Kebijakan secara detail akan ditetapkan dalam surat edaran yang akan diterbitkan oleh kementerian/lembaga terkait yang akan terbit dalam waktu dekat.

Rep: Nurul Hamami/ Red: Partner
.
Foto: network /Nurul Hamami
.

Calon penumpang kereta api jarak jauh antre menunggu giliran tes cepat antigen di Stasiun Yogyakarta, Selasa (22/12/2020).
Calon penumpang kereta api jarak jauh antre menunggu giliran tes cepat antigen di Stasiun Yogyakarta, Selasa (22/12/2020).

JAKARTA -- Ini dia kabar baik bagi pengguna transportasi kereta api! Pemerintah telah memutuskan pelaku perjalanan domestik dengan transportasi darat, laut, maupun udara kini tidak perlu menunjukkan bukti tes antigen atau PCR negatif untuk melakukan perjalanan darat, laut maupun perjalanan udara dengan pesawat terbang.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi sekaligus Wakil Ketua Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPC PEN) Luhut Binsar Pandjaitan dalam konferensi pers virtual terkait hasil rapat terbatas PPKM di Jakarta, Senin (7/3), mengatakan kebijakan itu berlaku bagi mereka yang sudah divaksin lengkap.

"Pelaku perjalanan domestik dengan transportasi udara, laut, maupun darat yang sudah melakukan vaksinasi dosis kedua dan lengkap, sudah tidak perlu menunjukkan bukti tes antigen maupun PCR negatif," kata Luhut seperti dikutip //Antara//.

Luhut yang juga Koordinator PPKM Jawa Bali mengatakan hal itu diputuskan pemerintah dalam rangka transisi menuju aktivitas normal. Kebijakan secara detail akan ditetapkan dalam surat edaran yang akan diterbitkan oleh kementerian/lembaga terkait yang akan terbit dalam waktu dekat.

Luhut memastikan kebijakan yang diambil pemerintah diberlakukan atas dasar masukan para ahli di bidangnya. Ia juga memastikan semua peta jalan yang dibuat hingga saat ini tetap diberlakukan dengan prinsip kehati-hatian dan tetap menjunjung tinggi prinsip bertahap, bertingkat dan berlanjut.

Advertisement