Selasa 08 Mar 2022 06:11 WIB

Cara Agar Anak Siap Menghadapi Ujian Sekolah

Latihan soal sebanyak mungkin dan terstruktur dengan soal-soal berkualitas nasional.

Rep: Desy Susilawati/ Red: Qommarria Rostanti
Cara agar anak siap menghadapi ujian sekolah. (ilustrasi)
Foto: Republika/Yasin Habibi
Cara agar anak siap menghadapi ujian sekolah. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Anak-anak akan menghadapi Ujian Sekolah (US) pada April 2022. ini merupakan salah satu evaluasi yang dilakukan secara umum dalam dunia pendidikan dan disesuaikan dengan standar pencapaian hasil secara umum.

"Hasil evaluasi tersebut digunakan dalam pemetaan, pemerataan dan perantara pendidikan,” ujar Pelaksana tugas (Plt) Kepala Bidang (Kabid) SD dan Pendidikan Khusus dan Layanan Khusus (PKLK) Dinas Provinsi DKI Jakarta, Drs Putoyo, HS, MPd dalam webinar "Motivasi US 2022, Ujian Sekolah, Pentingnya di Mana?" yang diadakan Penerbit Erlangga, belum lama ini.

Baca Juga

Menurutnya, ujian sekolah sangat penting dan harus tetap dilaksanakan. Selain itu, ujian sekolah tetap menjadi tujuan pokok dari para peserta didik agar mendapatkan hasil yang optimal.

Untuk mencapai hasil optimal tentunya diperlukan berbagai upaya. Lalu seperti apa tips agar bisa meraih nilai ujian sekolah terbaik? Berikut tips dari editor senior Penerbit Erlangga, Eny Wijayanti:

1. Pelajari dan pahami kembali materi esensial yang pernah dipelajari tiga tahun terakhir. Materi esensial inilah yang biasanya diujikan dalam ujian sekolah. Caranya adalah dengan belajar materi dari rangkuman materi pokok yang tersaji dalam buku, baik secara mandiri, berkelompok, ataupun di bawah bimbingan guru.

2. Selanjutnya, pelajari contoh-contoh soal model ujian sekolah yang disertai dengan kunci jawaban dan pembahasannya.

3. Setelah merasa sudah paham, kemudian menguji diri dari apa yang telah dipelajari dengan mengerjakan soal-soal latihan model ujian sekolah. Untuk mengetahui kebenaran dari jawabannya, periksa hasil jawaban dengan mencocokkan dengan kunci jawaban yang tersedia.

4. Tahap terakhir, yaitu mengerjakan soal-soal paket simulasi ujian sekolah yang disediakan. Untuk memastikan jawabannya, periksa hasil jawaban dengan menggunakan kunci jawaban yang tersedia. Untuk itu, ayo latihan soal sebanyak mungkin dan terstruktur dengan soal-soal berkualitas nasional dari buku-buku ujian sekolah.

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
اَلَمْ تَرَ اَنَّ اللّٰهَ يَعْلَمُ مَا فِى السَّمٰوٰتِ وَمَا فِى الْاَرْضِۗ مَا يَكُوْنُ مِنْ نَّجْوٰى ثَلٰثَةٍ اِلَّا هُوَ رَابِعُهُمْ وَلَا خَمْسَةٍ اِلَّا هُوَ سَادِسُهُمْ وَلَآ اَدْنٰى مِنْ ذٰلِكَ وَلَآ اَكْثَرَ اِلَّا هُوَ مَعَهُمْ اَيْنَ مَا كَانُوْاۚ ثُمَّ يُنَبِّئُهُمْ بِمَا عَمِلُوْا يَوْمَ الْقِيٰمَةِۗ اِنَّ اللّٰهَ بِكُلِّ شَيْءٍ عَلِيْمٌ
Tidakkah engkau perhatikan, bahwa Allah mengetahui apa yang ada di langit dan apa yang ada di bumi? Tidak ada pembicaraan rahasia antara tiga orang, melainkan Dialah yang keempatnya. Dan tidak ada lima orang, melainkan Dialah yang keenamnya. Dan tidak ada yang kurang dari itu atau lebih banyak, melainkan Dia pasti ada bersama mereka di mana pun mereka berada. Kemudian Dia akan memberitakan kepada mereka pada hari Kiamat apa yang telah mereka kerjakan. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui segala sesuatu.

(QS. Al-Mujadalah ayat 7)

Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement