Selasa 08 Mar 2022 14:37 WIB

Penggemar Bandingkan The Batman dengan Trilogi Batman Lainnya

Dengan begitu banyak versi Batman, tidak bisa dihindarkan adanya pembandingan.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Qommarria Rostanti
Penggemar membandingkan film The Batman dengan trilogi film Batman karya Chris Nolan. (ilustrasi).
Foto: EPA-EFE/JASON SZENES
Penggemar membandingkan film The Batman dengan trilogi film Batman karya Chris Nolan. (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, LOS ANGELES -- Film The Batman yang sedang tayang di bioskop mendapat penerimaan beragam dari penggemar, meski mayoritas memberikan apresiasi. Sebagian penggemar membandingkannya dengan film Batman versi Christopher Nolan.

Rangkaian film Batman besutan sutradara Nolan terdiri dari Batman Begins (2005), The Dark Knight (2008), dan The Dark Knight Rises. Sementara, The Batman menghadirkan versi terkini arahan Matt Reeves.

Baca Juga

Dalam adaptasi terbaru, aktor Robert Pattinson membawa Batman versi emo, dalam tahun keduanya memerangi penjahat di Gotham City. Sebelum Pattinson, sudah banyak aktor tersohor yang memerankan Batman.

Beberapa di antaranya yakni Michael Keaton, Christian Bale, dan Ben Affleck. Dengan begitu banyak versi, tidak bisa dihindarkan adanya kecenderungan penggemar membandingkan satu versi dengan yang lain.

Trilogi Nolan, terutama The Dark Knight, dianggap sebagai film psikologis yang mendebarkan. Para kritikus memberikan pujian kepada keseluruhan film, termasuk aksi  Christian Bale sebagai Bruce Wayne dan mendiang Heath Ledger sebagai Joker.

Salah satu penggemar menyebut The Batman maupun trilogi Nolan sama-sama bagus, tetapi ada yang membedakan. Meskipun sumber materi dan karakter utamanya sama, ada interpretasi kreatif sutradara yang membuatnya berlainan.

Karena perspektif pendekatannya tak sama, sulit untuk mengatakan film mana yang secara keseluruhan lebih baik. Penggemar menghargai versi Matt Reeves yang lebih berpusat pada karakter.

Dalam utas Reddit, warganet memuji eksplorasi Reeves terhadap sosok Batman. "Dia adalah karakter yang kompleks dan terluka, yang memiliki banyak ruang untuk tumbuh," tulis pengguna Reddit u/jacobswetsuit.

Ada pula penggemar yang berpendapat bahwa Robert Pattinson lebih totalitas dalam peran. "Bale menjadi dirinya yang memerankan Batman, sementara Pattinson menghilang dan membiarkan intensitas yang tenang itu menghasilkan performa Batman yang luar biasa," kata u/RavenofNod.

Pengguna lain menyebut The Batman sebagai film fenomenal. Namun, secara keseluruhan, beberapa penggemar setuju bahwa kedua versi film itu luar biasa dengan caranya masing-masing.

"Saya merasa beruntung sebagai penggemar Batman bahwa kami memiliki dua interpretasi yang sangat bagus tentang Batman dengan film ini dan The Dark Knight. Sulit untuk memutuskan," kata u/kerouaces.

Pada akhirnya, masing-masing penonton memang harus memutuskan sendiri mana film Batman favoritnya. The Batman sedang tayang di bioskop, sementara The Dark Knight tersedia di platform streaming, dikutip dari laman Looper, Selasa (8/3/2022).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement